TamiangNews.com, KARANG BARU -- Sebanyak 50,45 Kg ikan berhasil dikumpulkan pada lomba mancing ikan yang diselenggarakan oleh Grup Fishing Expert bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang. Lomba mancing ini merupakan serangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke 17 (10 April) berlangsung di perairan Alur Tanjung Keramat Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (27/4). Lomba diikuti oleh 28 tim dari Grup mancing yang ada di Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur, yang dibuka oleh Ketua Panitia Saiful Alam.SE. Minggu (28/4).


Peserta lomba memancing yang ikut dalam kegiatan perdana ini dalam satu tim terdiri dari 4 orang dengan 2 Armada boat. Mereka diwajibkan membawa alat menangkap ikan seperti pancing dasar, trawling dan umpan secukupnya. Adapun waktu yang diberikan panitia selama lebih kurang 7 jam mereka mengadu keberuntungan menangkap ikan yang ditargetkan yaitu jenis ikan kelas ( besar ) seperti ikan kakap, krapu, tenggiri, barakuda, jinaha dan tengar, untuk ikan non kelas dihitung siapa pemancing yang mampu menangkap ikan yang terbanyak.

Ketua Panitia Saiful Alam mengatakan, pereserta lomba berasal dari 28 tim dari tiga Kabupaten/Kota yakni Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang selaku tuan rumah, adapun waktu memancing selama 7 jam peserta diberi kesempatan memancing dari pukul 08.00 WIB dan sudah mendarat dilokasi start pukul 16.00 WIB. Apabila lewat dari waktu yang telah ditentukan akan didiskualifikasi.


Pemenang ditentukan berdasarkan dua katagori ikan kelas dan ikan sembarang yang tidak dicampur saat penimbangan dimana berat total ikan kelas ditimbang masing masing jumlah hasil tangkapan. Apabila, ada peserta memperoleh jumlah berat total ikan (KG)  yang sama, maka pemenang akan ditentukan berdasarkan jumlah total ikan (ekor) yang diperoleh.

Dijelaskan Saiful Alam bagi pemenang akan menerima uang tunai masing masing untuk juara I ikan kelas sebesar Rp.3 juta, Juara II Rp 2 juta dan Juara III Rp.1 juta. Sementara untuk hadiah Ikan non Class juara 1 sebesar Rp.1.5 Juta, Juara II Rp.1 Juta dan Juara III Rp.750 ribu. Bagi peserta selain selaian para juara yang mendapatkan Tropy bergilir dan tetap juga panitia menyediakan hadiah dan Door Prize untuk para peserta yang beruntung.

"Kita harapkan dari kegiatan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, bukan hanya itu momen ini juga untuk memperkenalkan bahwa di Aceh Tamiang memiliki hutan Manggrove yang sangat luas," tutur Saiful Alam.

Jika Fishing Expert ini berjalan sukses dan lancar, kita rencanakan pada Bulan Agustus 2019 akan  digelar even yang sama sekaligus diikuti dengan kegiatan sosial seperti penanaman Pohon Manggrove yang diperbantukan Mahasiswa, Pramuka, masyarakat dan bekerjasama dengan KPH, tutup Ketua Panitia yang kerap melakukan kegiatan positif di Aceh Tamiang dan sukses.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang Safuan,SP dalam sambutan saat penyerahan hadiah kepada pemenang mengatakan, melihat lomba memancing ini sebagai suatu kegiatan yang sangat menarik dan bermanfaat. Selain untuk pengembangan pariwisata, lomba memancing ini juga dapat memasyarakatkan program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan produksi ikan yang tentu saja berimbas pada kesejahteraan nelayan. Masyarakat terutama kalangan ibu-ibu selalu menyediakan ikan sebagai salah satu menu dalam keluarga. Karena terbukti ikan banyak mengandung Omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan anak.

Safuan juga mengatakan agenda lomba memancing ini akan dimasukkan dalam agenda tahunan Kabupaten Aceh Tamiang yang akan dirangkaikan dalam kegiatan hari Jadi Kabupaten, Insya Allah kedepan hadiah yang diperebutkan oleh peserta akan lebih besar 3 kali lipat dari yang sekarang, Kadis yang baru saja menjabat di DKPKP ini juga akan melaporkan kegiatan ini kepada bupati.

Adapun Tim yang berhasil keluar sebagai pemenang ada tim Pancing Sakti Rantau Aceh Tamiang berhasil keluar sebagai Juara Umum dan berhak membawa pulang tropi bergilir dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) Kabupaten Aceh Tamiang Safuan,SP, sedangkan tim yang keluar sebagai Juara 1 untuk jenis ikan kelas Tim Bayeun Fishing Club, Juara 2. Pancing Sakti, Juara 3. tim Mancing Kece. 

Sedangkan untuk jenis Ikan Non Kelas yang keluar sebagai pemenang menjadi Juara 1. tim Empat Sekawan Perkebunan Upah, berat tangkapan 8 Kg, juara 2 Tursia Fhising Tanjung Karang berat tangkapan 7.8 Kg, juara 3 Tim Gaplek Rantau berat tanggakapan 5 kg. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.