TamiangNews.com, BANDAR PUSAKA -- Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn, Sabtu siang (6/4) hadir bersama Para Kepala SKPK, Forkompinda serta Forkompincam guna meresmikan Balai Adat Desa yang telah Rampung diselesaikan di desa Pantai Cempa, Kecamatan Bandar Pusaka, Kab. Aceh Tamiang.



Adapun yang diketahui pihak media TamiangNews.com siang itu bahwa pembangunan balai adat dengan ukuran yang cukup besar itu dibangun atas inisiatif FKL (Forum Konservasi Leuser) dan bekerjasama dengan pihak Pemda kabupaten  Aceh Tamiang serta Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA).

Dalam penyambutan Sang Bupati pada peresmian tersebut pihak panitia desa Pantai ceumpa sengaja menyajikan Tarian Adat serta Makan siang bersama bupati dan para masyarakat guna mesyukuri atas selesainya Balai Adat desa yang mereka harapkan selama ini.



Kabag Humas Regional I FKL (Forum Konservasi Leuser ) Drs. Bahtiar ZA, sempat mengatakan kepada Wartawan TamiangNews.com bahwa inisiatif mereka dalam membangun Balai Adat Desa ini guna dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk kepentingan bersama, baik kalangan adat, pemuda, Pengajian kaum hawa serta bisa juga dimanfaatkan untuk latihan latihan bagi anak anak Kecamatan Bandar Pusaka.

"Alhamdullillah Balai Adat Desa telah bisa dipergunakan masyarakat Kecamatan Bandar Pusaka dan telah diresmikan oleh bapak bupati, dan tujuan kita dalam membangun Balai Adat Desa ini guna untuk masyarakat dalam melaksanakan Musyawarah atau rapat penting Desa, jadi tidak mengganggu fasilitas desa yang lain seperti tempat ibadah, atau kantor Desa, namun selain itu Balai Adat Desa ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Tempat pengajian, belajar mengajar untuk anak anak, bahkan juga bisa untuk Latihan-Latihan lainya, jadi Multifungsi," imbuhnya.



Selain itu, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.kn dalam sambutanya mengatakan bahwa pihak Pemda dan Masyarakat Tamiang berterima kasih kepada Pihak FKL Atas Rampungnya Balai Adat Desa ini dan nantinya Bupati berencana untuk menambahkan Tempat Bermain Anak tepat di bawah Balai, Bupati juga berharap FKL bisa selalu hadir Ditengah tengah masyarakat Tamiang guna memberikan Edukasi serta Advokasi bagi masyarakat Tamiang semua.

"Balai Adat desa telah siap untuk dipergunakan namun ada beberapa tambahan sedikit mungkin yang akan kita tambah lagi di balai ini, yaitu Tempat bermain anak anak yang akan kita buat tepat dibawah Balai, jadi lahan dibawah Balai bisa kita manfaatkan untuk tempat bermain anak anak, nanti akan kita buat ayunan, serta permainan lainya untuk anak anak," ungkap Sang Bupati.

Selain Balai Adat Desa, ada beberapa harapan Masyarakat juga yang sempat di laporkan oleh Seketaris  Desa Pantai ceumpa kepada Bupati Aceh Tamiang, Mengenai Kejelasan Pelepasan lahan pertanian di hutan produksi desa pantai ceumpa serta pemberdayaan bibit tanam untuk petani.

Menjawab harapan masyarakat yang dilaporkan kepada dirinya, sang Bupati dengan sigab menjawab bahwa, telah dibuat peraturan oleh pemerintah dengan sangat mudah untuk kejelasan pelepasan lahan pertanian di hutan produksi, akan tetapi dengan persyaratan harus benar benar dikelola dengan baik.

"Asal Bapak mau Menanam, Insya Allah akan mengalir terus Bantuan termasuk dari FKL (Forum Konservasi Leuser)," Imbuh Sang Bupati Sambil Tersenyum. [] TN-W008

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.