TamiangNews.com, KARANG BARU -- Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Madrasah setingkat Aliyah tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, pasalnya, seluruh Madrasah setingkat Aliyah se-Kabupaten Aceh Tamiang telah menerapkan pelaksanaannya menggunakan Smartphone, tidak menggunakan komputer. 


Selain itu, ujian dengan menggunakan Smartphone akan sangat membantu dan memudahkan para siswa dalam mengerjakan ujian tersebut, tidak hanya itu, Madrasah juga akan sedikit diuntungkan, sebab diera digital ini hampir seluruh anak telah menggunakan Smartphone, dan itu menjadi salah satu alasannya. 

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M), Mirza Effendi, ST. S, PdI saat menggelar rapat bersama antara K3M dan seluruh Oprator Madrasah untuk tingkat Aliyah, yang gelar di Gedung MA Al Ikhlas Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang pada Jum'at (01/03) kemarin. 

Mirza juga menjelaskan mengapa K3M harus menggelar rapat bersama operator madrasah disaat pelaksanaan USBN hanya tinggal beberapa hari lagi, agar ketika pelaksanaannya nanti semua sudah benar benar sempurna, mengingat hal ini juga baru pertama kali dilakukan, katanya 

Ia juga menambahkan, bahwa ujian yang menggunakan Smartphone hanya USBN saja, sementara untuk UAM, dan UN tetap menggunakan komputer. "jadi US nanti anak-anak ujiannya akan menggunakan Android, tidak perlu lagi menggunakan Laptop atau komputer," 

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendmad) Kemenag Aceh Tamiang, Zainuddin, S.Ag melaui Help Desk Kabupaten, M. Kamil mengatakan bahwa ditahun ini semua Madrasah tingkat Aliyah semuanya telah siap untuk melaksanakan ujian akhir sekolah menggunakan Smartphone. 

Pria yang dipercaya sebagai kepala operator (help desk) Kabupaten untuk madrasah juga menjelaskan bahwa persiapan untuk melakukan terobosan ini sudah lama dilakukannya, dengan selalu melakukan koordinasi dengan Kanwil terkait ujian akhir sekolah yang dilaksanakan akan menggunakan Smartphone. 

Kamil juga menargetkan, untuk kedepannya pihaknya akan mencoba menerapkan ujian dengan menggunakan Smartphone untuk semua jenjang madrasah, jika pelaksanaan perdana di tahun ini dapat berjalan sukses, kata Kamil

Ia juga mengatakan bahwa "Aceh Tamiang merupakan satu dari beberapa kabupaten yang ada di Aceh yang telah berani menerapkan ujian menggunakan Smartphone, meskipun belum semua kabupaten yang menerapkannya", Tandasnya. [] TN-W016

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.