TamiangNews.com, SABANG -- Hutan lindung di wilayah Bay Pass, Gampong (Desa) Cot Ba U, Kota Sabang terbakar dan hingga saat ini petugas terus berupaya memadamkan api tersebut.

Foto : Antaranews
"Hutan ini terbakar sejak pukul 19.00 WIB dan hingga sekarang belum padam," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang Muhammad Amin di lokasi kebakaran di Sabang, Minggu malam.

BPBD Kota Sabang mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran dibantu anggota RAPI, babinsa, dan babinkamtibmas setempat. Hingga saat ini, mereka terlihat masih di lokasi dan berupaya memadamkan api yang jaraknya sekitar 200 meter dari Sekolah Menengah Kejuruan (SKM) Negeri 1 Sabang itu.

"Keseluruhan mungkin ada sekitar satu hektare yang terbakar dan hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut," kata dia.

Pihaknya belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran, sedangkan petugas Kepolisian Resor Kota Sabang sedang melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pada kesempatan sebelumnya telah merilis prakiraan cuaca di pulau terluar paling barat Indonesia itu yang secara visual dalam kondisi cerah berawan.

Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U, Sabang, Siswanto, menyatakan kebakaran yang terjadi di daerah Bay Pas mungkin dipicu oleh faktor cuaca, yakni beberapa hari terakhir tidak ada hujan.

"Kondisi Sabang beberapa hari terakhir ini karena jarang terjadi hujan, mungkin ini menjadi penyebab kondisi daun dan serasah pun sangat kering dan mudah terbakar, sehingga mudah terbakar," kata dia. [] ANTARANEWS

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.