TamiangNews.com, RANTAU -- Tidak seperti hari biasanya, ada yang terlihat berbeda dan spesial pada pagi hari kemarin di Madrasah Ibtidahiyah Negri 4 Aceh Tamiang, Jum'at (04/01/2019).


Ada Kepala kantor beserta Kasubag TU, para Kasi dan seluruh staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, semuanya datang dan berkumpul di Madrasah tersebut.

Tentunya kehadiran para petinggi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang kesana bukan tanpa alasan, pasalnya bukan hanya mereka saja yang hadir, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T Insyafuddin, forkopimcam Rantau, dan seluruh ASN dan PDPK dibawah lingkungan Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, mulai dari Guru hingga karyawan Kantor Urusan Agama berkumpul disana. 

Ya, pada setiap tanggal 03 Januari, menjadi momen penting bagi Kementrian Agama Republik Indonesia, karena tanggal dan bulan tersebut merupakan saat dimana Kementrian Agama dibentuk dan disahkan oleh pemerintah Republik Indonesia, tepatnya pada 03 Januari 1976 silam, sebagai lembaga yang mengatur tentang kerukunan umat beragama di Negara Indonesia ini. 

Jadi, setiap 03 Januari, Kementerian Agama Republik Indonesia menjadikannya sebagai hari jadi kementerian tersebut, yang biasa disebut dengan Hari Amal Bakti. Dan alasan tersebut lah yang membuat seluruh ASN dan PDPK dibawah Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang berkumpul di MIN 4 Aceh Tamiang pada pagi hari kemarin, guna mengikuti Upacara Peringatan HAB ke- 73, karena Upacara di tahun ini dilaksanakan di Madrasah tersebut.

Ini juga merupakan tahun pertama Upacara Peringatan HAB dilaksanakan di Madrasah oleh Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya Upacara selalu dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Aceh Tamiang. 

Sebuah kehormatan besar bagi Madrasah yang beralamatkan di Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, tepatnya di Desa Durian tersebut, karena tahun pertama Upacara Peringatan HAB dilaksanakan di Madrasah oleh Kemenag Aceh Tamiang, MIN 4 Aceh Tamiang yang terpilih. 

Pada pelaksanaan upacara peringatan HAB ke-73 ini, wakil Bupati Aceh Tamiang, T Insyafuddin diberikan kehormatan sebagai pembina Upacara, dan pengibar bendera pusaka merah putih dilakukan oleh tiga orang siswa dari Madrasah Aliyah Al Ikhlas Tanah Terban.  

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifuddin, yang dalam amanat nya menyampaikan bahwa berdirinya Kementrian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian meningkat. 

Dalam memperingati hari bersejarah ini, tambah Wabup, semua dalam kesederhanaan, keprihatinan, dan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah, seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung. 

Selanjutnya, T Insyafuddin mengajak seluruh peserta upacara yang hadir pada pagi itu, agar di tahun politik saat ini, senan tiasa menebarkan energi kebersamaan, jaga kerukunan, "mari hindari saling menebar benci, fitnah, dan saling melukai hati antar sesama, sesuai dengan tema yang diangkat pada HAB ke 73 ini, ''Jaga Kebersamaan Umat", katanya.

Seusai upacara, Kemenag Aceh Tamiang juga memberikan penghargaan kepada para karyawan dan siswa yang telah mengukir prestasi di ajang kompetisi ditingkat Provinsi maupun Nasional bagi kementerian Agama Aceh Tamiang, serta juga penghargaan purna bakti kepada karyawan yang telah habis masa kerjanya. Dan pemberian penghargaan ini dilaksanakan setiap tahunnya oleh kemenag Aceh Tamiang. [] TN-W016 (Zulfitra) 

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.