TamiangNews.com, JAKARTA -- Jepang atau yang kita kenal dengan sebutan 'Negara Sakura', termasuk negara dengan pendidikan terbaik di dunia hingga saat ini. Bahkan Jepang menjadi salah satu negara di Asia dengan sistem pendidikan terbaik. Berkembang pesatnya bidang pendidikan di Jepang terjadi setelah perombakan terhadap sistem pendidikan melalui Restorasi Meiji.


Kumparan.com
Kemajuan dan keberhasilan Jepang yang menonjol dalam sistem pendidikan terjadi di bidang kedokteran, ekonomi, sains, dan teknologi. Selain itu, bidang lainnya yang juga mengalami kemajuan di Jepang adalah politik, sastra, seni, dan sebagainya.

Kemajuan ini sepenuhnya didukung oleh mereka yang mau berinvestasi besar di bidang pendidikan. Keberhasilan di berbagai bidang diraih secara gemilang oleh Jepang sebagai sebuah bentuk jawaban atas segala permasalahan.

Keberhasilan sistem pendidikan Jepang mampu meminimalkan tingkat pengangguran di dalam negeri. Selain itu, kreativitas para lulusan sekolah-sekolah di Jepang juga sudah teruji sehingga membelalakkan mata dunia. Salah satu bukti yang dapat dihadirkan di sini adalah keberhasilan perusahaan otomotif seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki dalam pengembangan teknologi. 

Ketiga korporasi tersebut selalu mampu melakukan inovasi terhadap produk-produknya dalam hitungan waktu yang sangat singkat. Namun demikian, sistem pendidikan Jepang tidak hanya mencetak anak bangsanya untuk menjadi buruh. Jepang juga mencetak masyarakatnya menjadi tenaga ahli yang selalu melakukan riset secara terus-menerus.

Hal yang sama juga terjadi pada bidang-bidang dan jurusan lainnya. Sekolah-sekolah di Jepang benar-benar menjadikan para lulusan sangat ahli pada bidangnya. Dalam hal ini, Jepang melahirkan banyak ahli yang mendapatkan pengakuan internasional.

Hal ini dibuktikan Jepang melalui banyaknya pemenang Nobel asal Jepang dari berbagai bidang, yaitu sebanyak 22 orang. Dari jumlah tersebut, 17 di antaranya mendapat penghargaan dalam bidang fisika, kimia, dan pengobatan.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa sistem pendidikan Jepang sejauh ini berhasil melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam berbagai bidang. Dengan SDM yang berkualitas, pendidikan di Jepang mendapatkan pengakuan tinggi di tingkat Asia dan dunia.

Hal ini terjadi berkat kepedulian pemerintah dan masyarakat. Mereka memprioritaskan pendidikan guna mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan lapangan pekerjaan, masa depan, serta kemajuan zaman. Semua ini sangat menuntut keahlian setiap individu.

Kemajuan pendidikan di Jepang tidak hanya terbatas pada sekolah, tetapi juga perguruan tinggi. Jepang mempunyai banyak perguruan tinggi unggulan yang sudah diakui dunia. Atas dasar inilah Jepang sudah sejak lama menjadi pilihan siswa-siswa dari berbagai negara di dunia sebagai tempat untuk melanjutkan studi.

Hal ini disebabkan Jepang menerapkan sistem pendidikan yang sangat berkualitas.

Daya tarik paling utama bagi siswa-siswi luar adalah kemajuan teknologi, industri, dan inovasi dalam ilmu pengetahuan Jepang yang tidak bisa mereka dapatkan baik di negeri sendiri maupun negara lain. Terlebih, biaya pendidikan di Jepang tergolong sangat murah. Perguruan tinggi di Jepang tidak stagnan, melainkan terus melakukan perbaikan yang didukung oleh pemerintah. 

Hal ini bertujuan agar mahasiswa internasional (asing) yang ingin menempuh studi di sana semakin bertambah. Perlu diketahui bahwa target pemerintah Jepang adalah mendatangkan mahasiswa asing sebanyak 300.000 orang pada tahun 2020. [] KUMPARAN.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.