TamiangNews.com, RANTAU -- Datok Penghulu Kampong Suka Rahmat Kecamatan Rantau berikan penjelasan kepada warganya tentang realisasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018 yang telah selesai dikerjakan, hal itu disampaikan melalui Musyawarah Kampong bersama masyarakat, Rabu (5/12).


Datok Penghulu Kampong (Desa,red) Suka Rahmat, Daya Winata, SH didepan masyarakat mengatakan, ADD Kampong Suka Rahmat telah direalisasikan pencairannya baru termein ke 2 yang 40% dari ADD yang diperoleh sekira sembilan ratusan juta, namun termein ke 3 yang 40%nya lagi belum bisa ditarik atau dicairkan.

"Dari ADD yang telah terserap berbagai kegiatan telah direalisasi baik berupa pembinaan masyarakat maupun pelaksanaan pembangunan fisik," ujarnya.

Pembangunan fisik meliputi pembangunan talud di dusun rejo, rehab saluran drainase beton persawahan, pembukaan jalan baru di dusun pawitan, perkerasan jalan di dusun pawitan, pembangunan jalan rabat beton dusun damai.

"Selain itu, pembangunan jalan rabat beton, pembukaan jalan baru, pembangunan tower air dan pembangunan sarana olahraga serba guna," ungkap Daya.

Lebih jauh, Datok juga menjelaskan penggunaan dana desa ini, bukan semata-semata atas kehendak Datok maupun Perangkat Kampong, tapi atas permintaan masyarakat melalui musyawah rencana pembangunan.

"Kami hanya melihat dan mengambil kebijakan dari skala prioritas yang manfaatnya langsung berdampak kepada masyarakat atas usulan masyarakat tersebut," ucapnya

Menurut Daya Winata SH, peran penting masyarakat dalam mengawasi atas program realisasi ADD sangat diharapkan dan sebab itulah dipaparkan melalui musywarah ini.

"Masyarakat harus tahu apa-apa saja yang telah dilakukan oleh datok dan perangkat kampong dalam realisasi pengelolaan dana desa serta realisasi pekerjaan yang bukan bersumber dari dana desa saja, namun ada juga pekerjaan yang bersumber dari APBKabupaten dan lain sebagainya," terang Datok Suka Rahmat.

Amatan wartawan, Datok Penghulu Suka Rahmat juga menjelaskan pekerjaan yang bersumber dari APBKabupaten dan tampak masyarakat yang hadir mengikuti musyawarah menyimak dan mendengar dengan baik. [] TN-W015 (Burhan)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.