TamiangNews.com, LANGSA -- Hasil karya anak bangsa setiap hari semakin bertambah. Kali ini kita melihat persembahan dari empat orang pemuda dari timur Indonesia, tepatnya di Aceh. Ialah Kampung Designer dengan domain kampungdesigner.com adalah startup Desain Grafis yang dihadirkan untuk Indonesia.


Startup ini berisikan konten vector dan photo yang diberikan secara gratis kepada seluruh user. Dimana user cukup mencari konten apa yang dibutuhkan, lalu klik download, maka file vector langsung berlabuh ke Desktop user.

Sejauh ini dari pantauan TamiangNews, Kampung Designer masih berfokus kepada konten logo-logo general, seperti logo pemerintahan, militer, pendidikan, dan beberapa logo perusahaan dalam dan luar negeri. Dan hal ini dibenarkan oleh CTO startup ini saudara Fachremy.

“Startup ini baru dilaunching 13 Agustus kemarin, kami baru saja merangkak dengan menyediakan konten-konten logo yang kami rasa sangat dibutuhkan oleh Desain Grafis dan percetakan seluruh Indonesia,” kata pemuda yang akrab disapa Remy.

“Dimana sekarang ini banyak konten yang tersedia, jauh dari harapan para Desain Grafis dimanapun. Dimana konten-konten logo yang didapat tidak berupa file vector, melainkan file JPG biasa, yang kebanyakan tidak memiliki resolusi yang cukup, sehingga ketika dicetak belum sesuai dengan harapan. Maka untuk ditahun pertama launching ini kami fokus pada logo-logo umum dulu,” tegasnya kepada TamiangNews.

Kampung Designer juga membuka peluang selebar-lebarnya kepada seluruh Desain Grafis baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkontribusi didalam startup. Sejauh ini memang masih banyak desain grafis pemula bahkan yang karyanya brilian pun belum banyak di tampung di portal-portal desain grafis lainnya.

“Harus diakui startup serupa di seluruh dunia sudah cukup banyak, tapi di Indonesia masih cukup sedikit. Kami merasa harus tampil, karena mengingat masih sangat banyak Desain Grafis di Indonesia yang membutuhkan konten-konten kami bahkan kami yakin banyak yang mau memberikan hasil karyanya untuk dipamerkan di website kami. Maka dari itu kami membuka peluang kepada Desain Grafis dimanapun berada untuk berkontribusi memberikan hasil karyanya kepada publik. Hal ini mengingat pengunjung Kampung Designer, setiap hari semakin bertambah, cukup akses website kami dan klik daftar sebagai kontributor.”

Pihak Kampung Designer mengakui bahwa startup ini dibuat dengan modal yang minim. Meskipun begitu startup ini sudah berhasil memberikan dan memperbaiki konten-konten logo yang usang menjadi lebih baik.

Anda bisa melihat banyak logo dan desain vector disana yang semua kontennya mereka perbaiki agar bisa dipakai oleh siapapun yang membutuhkan. Sudah banyak logo Pemerintahan dari Provinsi dan Kabupaten yang telah mereka perbaiki, termasuk logo Kabupaten Aceh Tamiang tidak ketinggalan mereka perindah, tanpa merusak arti atau makna dari logo itu sendiri.

“Tim kami terdiri dari empat orang, ada Kakanda saya Arifin dan Ramadani serta Adinda yang penuh semangat juang Rahmad Hidayat. Beliau ini malah jauh dari kami, beliau dari Simeulue. Tapi, sudah sejauh ini kami bersyukur memiliki tim pemikiran yang sama, sehingga modal bukan jadi halangan untuk bergerak mempersembahkan sesuatu yang kami bisa untuk Negeri ini.

“Kami baru berusia belum genap empat bulan, kalau sekarang masih sangat dini untuk dinilai sebagus apa kami sekarang. Tapi yang jelas, startup ini akan terus berjalan untuk memberikan suatu kemampuan kami dan kami memiliki gagasan untuk Memvectorkan Indonesia,” tutup pemuda dari Kota Langsa ini. [] TN-Feri

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.