TamiangNews.com, JAKARTA -- Daripada merusak ponsel, membanting benda atau menyakiti diri sendiri, lebih baik lampiaskan amarah Anda di tempat yang tepat, seperti di klinik satu ini.


Dinamakan Temper Clinic, tempat ini bisa jadi solusi sementara pelampiasan rasa kesal dan amarah Anda kepada pasangan, teman, keluarga, atasan di kantor atau bahkan untuk sekadar menghilangkan stres.

Terletak di Mampang, Jakarta Selatan, klinik ini didirikan oleh tiga orang Indonesia, yakni Yanuarius Gavin atau akrab disapa Ius, Sherly dan Eron untuk tujuan baik, yaitu menjadi tempat pelampiasan kesal dan amarah tanpa harus melakukan tindakan vandalisme.

Ditemui VIVA beberapa waktu lalu, Ius menjelaskan bahwa klinik ini terinspirasi dari rage room atau anger room yang sudah lazim ditemukan di sejumlah negara lain.

"Rage room atau anger room ini sudah menjamur di Amerika Serikat, Rusia, mungkin dari tahun 2009," kata Ius saat ditemui di Mampang, Jakarta Selatan.

Ia lantas bercerita, waktu pergi ke Athena, Yunani, ia melihat klinik yang khusus dibuka sebagai tempat penyaluran emosi orang. Ia pun merasa bahwa klinik yang sama cocok jika dibawa ke Jakarta, dengan pertimbangan-pertimbangan yang sifatnya pribadi.

"Ketemu teman pasti ada yang dikeluhkan, tapi untuk melampiaskan bingung. Masak iya banting HP, pukul tembok, vandalisme? Kan merugikan. Jadi kenapa (klinik itu) enggak dibawa (ke Jakarta)? Kita juga mau sediakan wahana hiburan baru yang menyenangkan di Jakarta dan aman," kata Ius sembari menunjukkan ruangan-ruangan di Temper Clinic.

Sejak klinik itu resmi dibuka tanggal 26 Agustus 2018, antusias masyarakat cukup baik terhadap tempat ini. Nyatanya meski baru sekitar empat bulan dibuka, sudah ratusan orang datang ke sini untuk melampiaskan amarah. Uniknya, menurut Ius, lebih banyak pengunjung wanita dibanding pria yang datang ke sana.

"Jujur yang main kebanyakan wanita dibanding pria. Ada yang datang, setelah main, nangis. Mungkin ada amarah atau apa ya," ucap Ius.

Meskipun tak ada yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi, Ius dan dua teman lainnya meyakini bahwa ini merupakan cara yang aman untuk melampiaskan emosi tanpa harus merusak fasilitas umum ataupun barang-barang pribadi.

"Kapan lagi bisa marah tapi enggak merusak, difasilitasi, aman lagi kan," katanya.

Jadi, aktivitas apa yang ditawarkan tempat ini untuk melampiaskan emosi?

Pengunjung bisa memecahkan menghancurkan berbagai barang bekas yang telah disediakan, mulai dari botol kaca televisi tabung atau printer. Anda bisa memecahkannya langsung dengan melemparnya atau memakai alat bantu linggis.

Masalah keamanan, Ius menjamin baik tempat, fasilitas dan semua yang ada di kliniknya tidak akan mencederai pelanggan. Di dalam ruangan, misalnya, sudah dilengkapi dengan CCTV. Pintu ruangan juga hanya bisa dikunci dari satu sisi, yaitu dari luar.

Serunya lagi, di sekitar bulan Februari 2019 nanti, Temper Clinic akan memiliki konsep ruangan baru yang pastinya lebih seru. Menurut Ius, nantinya akan ada ruang yang didesain khusus menyerupai kamar dan juga ruangan kantor, lengkap dengan peralatannya.

Untuk bisa menikmati tempat seru ini, pengunjung bisa membeli tiketnya melalui Traveloka atau beli langsung di tempat dengan harga tiket masuk untuk single player Rp125 ribu selama 15 menit dan double player Rp200 ribu selama 20 menit. Namun, untuk saat ini batasan waktu tersebut bisa fleksibel, hingga 30 menit.

Perlu diketahui, dengan harga tiket tersebut, botol kaca yang disediakan sebanyak 10 botol untuk single player dan 20 botol untuk double player. Jika ingin menghancurkan televisi tabung bekas, Anda dikenakan biaya tambahan sebesar Rp75 ribu, sedangkan printer seharga Rp50 ribu.

Harga tiket masuk juga sudah termasuk alat pengaman diri, mulai dari baju wearpack, sarung tangan double (agar higienis), sepatu boots karet, google (kacamata), helm dan masker.

Selesai bermain dan melampiaskan amarah, pengunjung juga akan memperoleh sertifikat sebagai kenang-kenangan. Saat bermain juga Anda tak akan kesepian karena akan diputar lagu-lagu keras yang dijamin bakal memicu adrenalin untuk semakin tertantang melampiaskan emosi.

Penasaran dengan tempatnya? Langsung saja datang ke sana dan hilangkan amarah juga stres Anda. Khusus untuk tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2018, Temper Clinic hanya buka hingga pukul 18.00 WIB. [] VIVA.CO.ID

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.