TamiangNews.com, KUTACANE -- Data terbaru yang dihimpun, tiga rumah hanyut dan 40 rumah rusak diterjang banjir bandang di Aceh Tenggara.


Foto : Serambinews
Sejumlah desa yang terkena adalah Desa Natam Baru Dusun Lawe Menderung, Kecamatan Badar, Desa Jonggar Kayu Mentangur, Kecamatan Ketambe.

Kemudian, Desa Tuah Kerine, Desa Bunbun Indah, Bunbun Alas, Arih Mejile, Permata Musara dan Desa Seurakut, Kecamatan Leuser.

Musibah banjir bandang itu terjadi pada Senin (27/11/2018) sekitar pukul 21.30 WIB malam.

Musibah banjir bandang itu langsung ditinjau Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim dan Muspida Plus.

Kepala BPBD Kutacane, Ramisin, mengatakan, tiga rumah hanyut dan satu ambruk serta empat rumah rusak di Desa Jonggar Kayu Mentangur dan tiga rumah rusak ringan di Desa Natam Baru dan belasan terendam lumpur.

Mereka pada saat itu telah mengevakuasi korban banjir bandang dan memberikan bantuan masa panik berupa sandang dan pangan.

Dan, pihaknya (BPBD) telah turunkan satu alat berat dan dua alat berat dari pihak BPJN Wilayah I Aceh untuk membersihkan material lumpur bebatuan dan kayu gerondongan di lokasi tersebut.

Menurut dia, musibah banjir bandang itu kita jadikan statusnya sebagai darurat bencana.

Sementara itu, kata Ramisin, banjir bandang yang terjadi di enam desa di kawasan pedalaman Kecamatan Leuser menyebabkan 15 rumah rusak dan satu jembatan putus akibatnya daerah itu terisolir dan tiang listrik tumbang.

Mereka telah salurkan bantuan masa panik berupa sandang dan pangan.

Untuk menyalurkan bantuan ke enam desa di Kecamatan Leuser itu terpaksa mereka tempuh via sungai melalui sampan atau boat nelayan di perairan Muara Situlen menuju Seurakut.

Lokasi bantuan itu dari sungai menempuh waktu selama dua jam dan jaringan komunikasi tidak tersedia.

Penghulu Kute Natam Baru, Rudi, kepada Serambinews.com, Selasa (27/11/2018) mengatakan, sebanyak 20 rumah di desanya rusak akibat diterjang banjir bandang yang membawa material bebatuan dan kayu gelondongan. [] SERAMBINEWS

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.