TamiangNews.com, LIFESTYLE -- Biasanya rasa lapar datang ketika Anda terlalu lelah bekerja dan hanya mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit. Tidak usah khawatir, hal tersebut merupakan kondisi tubuh yang wajar. Makan merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh.

Foto : Okezone.com
Tak perduli seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, ada beberapa orang yang selalu merasa lapar meskipun dengan rentan waktu yang sebentar setelah makan. Makan memang merupakan hal yang wajar, yang tidak wajar adalah selalu merasa lapar kembali setelah makan. Dilansir dari Womansday, Rabu (24/10/2018), selalu merasa lapar bisa menandakan suatu kondisi kesehatan.

1. Tidak mengonsumsi cukup protein

Menurut Natalie Allen, R.D., instruktur ilmu biomedis di Missouri State University, protein merupakan macronutrien untuk tetap memberikan rasa kenyang. Berapa banyak konsumsi protein tergantung dari seberapa berat aktivitas keseharian Anda. Jika Anda merasa belum cukup protein dalam makanan pokok yang dikonsumsi, Anda bisa menambahkan dengan beberapa biskuit gandum utuh.

2. Tidak mengonsumsi cukup serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, dapat membuat Anda terhindar dari godaan camilan-camilan. Makanan yang tidak mengandung serat dapat membuat Anda cepat lapar, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran dan ganndum utuh yang mengandung serat lebih tinggi.

Baca Juga: Viral Curhatan Kaesang Pangareb: Saya Tidak Pernah Diajak Lagi, Cuitan Netizen Bikin Ngakak!

3. Kurang tidur

Kurang tidur memang sering dikaitan dengan masalah kesehatan. Saat Anda selalu merasa lapar, hal itu bisa menandakan bahwa Anda tidak memiliki cukup tidur. Selain dapat meningkatkan keinginan untuk makan, menurut Mayo Clinic, kurang tidur dapat berisiko obesitas. Sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Research Society dapat meningkatkan rasa lapar.

4. Stres

Ya, selain dapat memengaruhi pikiran, ternyata stres juga dapat membuat seseorang selalu merasa lapar. Menurut Prudence Hall, M.D., direktur medis di The Hall Center, stres dapat memicu respon tubuh yang memicu peningkatan rasa lapar. Cleveland and Clinic mengungkapkan bahwa peningkatan nafsu makan merupakan salah satu gejala stres.

5. Diabetes tidak terkontrol

Ketika diabetes tidak terkontrol, hal itu bisa membuat tubuh sulit untuk mendapatkan gula darah atau energi yang dibutuhkan. Diabetes merupakan masalah yang berkaitan dengan energi tubuh, oleh karena itu penderita diabetes cenderung lebih merasa cepat lapar.

6. Gangguan tiroid

Selain diabetes, masalah tiroid dapat menyebabkan Anda selalu merasa lapar. Orang yang mengalami gangguan tiroid juga sering merasa lelah, moody, dan mengalami penurunan berat badan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, Anda harus segera menemui dokter dan memeriksakan kondisi Anda lebih lanjut. [] OKEZONE.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.