TamiangNews.com, LIFESTYLE -- Beberapa orang memang suka menambahkan saus tomat ke dalam makanan yang dikonsumsinya. Rasa manis dan asam tentunya memberikan cita rasa tersendiri terhadap makanan yang mereka makan.


Foto : Okezone.com
Beberapa makanan fast food seperti ayam goreng tepung atau kentang memang sangat nikmat jika disantap dengan saus tomat. Saus tomat dinilai sebagai sebuah bumbu yang paling sederhana dan sangat mudah ditemukan untuk memberikan rasa nikmat pada makanan.

Namun, sebagian masyarakat tidak mengetahui, apakah mengonsumsi saus tomat menyehatkan untuk tubuh atau justru malah berbahaya bagi kesehatan. Sebagaimana diketahui, gula dan natrium yang ada di dalam saus tomat merupakan kombinasi yang paling menakutkan.

Dua bahan ini bisa menjadi beracun dan dapat menyebabkan komplikasi serius dalam jangka panjang. Tanpa disadari, Anda mungkin telah menempatkan tubuh Anda dalam risiko besar.

Beberapa orang percaya saus tomat terbuat dari tomat segar dan matang, alhasil itu bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Meski demikian, ada bahaya kesehatan yang tersembunyi tertentu yang terkandung dalam kemasan botol saus tomat favorit Anda.

Sebagaimana dilansir Times of India, Senin (8/10/2018), satu sendok makan saus tomat mengandung kadar gula yang lebih tinggi daripada biskuit atau cokelat. Untuk menambah rasa manis dari tomat tajam, sirup jagung fruktosa, yang sangat buruk untuk usus ditambahkan ke dalam campuran saus.

Bahan-bahan ini dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin dan peningkatan berat badan dalam jangka panjang. Tak hanya itu, untuk menambahkan rasa lezat, maka MSG ditambahkan ke dalam campuran saus tomat. Banyak perusahaan menambahkan bumbu alami dengan menggunakan MSG yang cukup berbahaya untuk menyebabkan komplikasi terkait asma dan kerusakan otak.

Saus tomat mengandung sekira 160 mg natrium, yang membuat persentase lebih dari yang dibutuhkan dari jumlah yang direkomendasikan sehari-hari. Selama diproses pabrik, saus tomat mengandung persentase karbohidrat yang tinggi, lemak tidak sehat yang sangat buruk bagi tubuh. Itu juga dilengkapi dengan berbagai jenis garam, cuka dan antioksidan dan bubuk bawang.

Saus tomat pun tak luput dari penggunaan garam untuk memperkaya rasanya. Tapi sebagian besar saus yang siap dipasarkan menggunakan berbagai garam dengan kadar berlebih. Penggunaan berlebih ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Selain itu, tidak ada ekstrak sayuran sehat lainnya di dalam saus tomat. Saus tidak benar-benar mengandung serat atau protein yang baik untuk tubuh Anda. Bahkan jumlah pasta tomat asli yang digunakan dalam saus tomat sangat sedikit dan akan membuat banyak orang terkejut.

Rasa nyata yang Anda dapatkan bukanlah tomat tetapi perasa tambahan. Bahkan pasta tomat mengandung konsentrat likopen, yang sangat sulit dicerna oleh usus. Saus tomat mungkin mencetak poin tinggi pada uji rasa tetapi garis bawahnya, ada begitu banyak kerusakan yang ditimbulkan tubuh jika Anda rutin mengonsumsinya. [] OKEZONE.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.