TamiangNews.com, LANGSA -- Kodim 0104/Aceh Timur turut sukseskan kegiatan gotong royong penanaman pohon yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa yang bertempat di lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Regional Kota Langsa, Gampong Pondok Kelapa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Minggu (14/10).


Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, SE itu dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kota Langsa, Anggota Kodim 0104/Atim, Anggota Polres Langsa, PNS, dan Masyarakat sekitar.

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis melalui Kapten Inf Nizam (Koordinator Lapangan), kepada Tim Media Center Kodim 0104/Atim mengatakan bahwa kegiatan penghijauan (penanaman pohon) merupakan salah satu kontribusi dari elemen masyarakat Kota Langsa untuk mengatasi masalah lingkungan, khususnya dalam mengurangi efek pemanasan global dan pencegahan bencana alam, terangnya.

“Salah satu upaya yang diperlukan untuk mitigasi dampak pemanasan global adalah aksi nyata berupa penanaman dan pemeliharaan pohon secara massal yang dilakukan oleh setiap komponen bangsa. 

Menurutnya, pemanasan global bukan hanya fenomena alam semata, tetapi akibat aktivitas manusia yang tidak terkendali. Aktivitas manusia tersebut menyumbang emisi gas rumah kaca (green house glasses) di atmosfer sehingga menyebabkan meningkatnya suhu bumi, “tegas Dandim.

Dampak pemanasan global saat ini, kata dia, telah dirasakan seperti terganggunya ekosistem, kondisi cuaca ekstrim, dan terganggunya sistem tata air daerah aliran sungai. Selain itu pemanasan global menjadi ancaman terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor dan kekeringan serta terganggunya ketahanan pangan nasional, pungkasnya.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penanaman pohon oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, SE sebagai promotor penghijauan di Kota Langsa. [] TN-RED

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.