TamiangNews.com, KARANG BARU -- Kali ini Mengenai Tempat wisata di Aceh Tamiang, kalian para wisatawan pasti sedang mencari-cari tempat wisata yang bagus dan cocok untuk dikunjungi, disini saya akan menginformasikan dan mengulas sedikit tentang tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang, dulunya Aceh timang ini bergabung dengan Aceh Timur, dengan hal tersebut seiring berjalannya waktu telah didirikanlah Aceh Tamiang dengan ibukota Karang Baru dengan adanya 12 kecamatan.

Foto : Ilustrasi
Aceh Tamiang ini sekarang di kenal dengan nama Bumi Muda Sedia. Ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa Patih Gajah Mada Dari kerajaan Majapahit meregang nyawa di tanah Tamiang. Dahulu Gajah Mada mati pada saat ingin menaklukan tanah Tamiang di bawah kerajaan Aceh untuk melaksanakan sumpahya, yaitu Sumpah Palapa.

Di Aceh Tamiang ini selain memiliki potensi sumber daya alam di bidang pertambangan, kabupaten yang memiliki jarak kurang lebh 250 km dari kota Medan ini tak kalah dengan kabupaten lainnya jika di lihat dari sisi industri Pariwisata. Disini saya akan mengulas mengenai tempat-tempat wisata di Aceh Tamiang, anda beruntung masuk ke halaman ini karena bisa menjadi referensi jika ingin pergi mencari tempat wisata yang bagus dan populer.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Aceh Tamiang yang cocok untuk anda kunjungi dan bisa digunakan sebagai referensi anda jika mau berkujung ke Aceh Tamiang.

1. Pantai Kuala Ketapang

Foto : Berita Aceh Tamiang
Yang pertama adalah pantai, berikut ini adalah pantai Kuala Ketapang dimana adalah salah satu pantai di Aceh Tamiang, pantai ini terletak di  kampung Masjid Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara. Pantai Kuala Ketapang ini memiliki sebuah keunikan yaitu terletak pada garis pantainya yang hampir mirip dengan lampuuk di Aceh Besar.

Garis pantai ini memiliki panjang hamparan laut biru saja yang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di sini. Di pantai ini bagusnya lagi di tambah pohon cemara yang berjajar untuk meningkatkan perpaduan yang khas dari Aceh Tamiang ini. Di pantai ini anda bisa berjemur dan menikmati indahnya pantai Kuala Ketapang.

2. Bukit Kerang

Foto : Steemit.com
Yang kedua ini adalah Bukit Kerang, tempat wisata ini terletak di Aceh Tamiang tepatnya di Desa Gampong Jabu Labu, kecamatan Bendahara, di situlah terdapat sejarah bernama Bukit Kerang. Nama ini dulunya berasal dari penemuan yang merupakan hewan moluska, kerang dan tersusun secara rapi, berdasarkan hasil penelitian, bukit kerang ini adalah bukti otentik akan keberadaan manusia purba pada zaman pra- sejarah di Aceh Tamiang.

3. Pemandian Air Panas Kaloy

Foto : Tamiang Traveller
Selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Kaloy, jika anda yang suka mandi dengan air panas cocok untuk ke sini ya guys. Tempat ini memang belum dikelola secara maksimal dan optimal oleh warga sekitar, namun saja potensi wisata ini cukup menjajikan sekali untuk dikunjungi dan untuk dikembangkan, apa lagi di Kabupaten Aceh Tamiang belum ada tempat wisata yang sejenis dengan tempat wisata ini.

Air yang mengalir dari celah batuan memiliki kandungan belerang dan dapat dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu, landscape dan pemandangan hijau di sepanjang aliran sungai menjadi salah satu daya tarik terutama bagi wisatawan yang memiliki hobi berpetualangan.

Sayangnya tempat wisata Air Panas Kaloy ini tampak dibiarkan apa adanya sehingga terkesan tidak memiliki upaya untuk membuat sebuah cagar wisata alam,  disana malah dibuat sebuah kolam sendiri yang di susun dari batu – batu sungai untuk berendam di air panas ini.

Manfaat mandi dengan air panas ini adalah untuk mengembalikan sebuah kesegaran tubuh, meregangkan otot-otot anda yang tegang, dan bisa membuat tubuh anda lebih rileks, serta memang sudah terbukti setelah berendam di air panas ini tubuh akan menjadi lebih ringan. Nah serunya di tempat wisata ini karena berdekatan dari sungai kaloy.

4. Sungai Gunung Pandan

Foto : Tavellink Indonesia
Objek yang satu ini adalah sungai yang dikenal sebagai Sungai Gunung Pandan, adalah salah satu tempat wisata yang ada di Aceh Tamiang yang paling terkenal dan terpopuler. Sungai ini memiliki aliran air berwarna hijau dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal terutama pada hari libur atau liburan panjang. Selain itu, Gunung Pandan juga menjadi tempat yang sering digunakan oleh anak-anak pramuka untuk melakukan kegiatan pramukanya, baik berkemah maupun sekedar latihan atau outbond.

Sungai Gunung Pandan ini terletak di desa Tengguliun dan sudah dikelola secara baik oleh warga sekitar. Di sekitar lokasi ini terdapat warung-warung kecil. untuk anda yang mau menuju ke Sungai Gunung Pandan, anda bisa melewati kawasan perkebunan dengan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

5. Air Terjun 7 Tingkat

Foto : Pariwisata Indonesia
Yang ke lima ini adalah Air Terjun 7 Tingkat, hal buruk yang perlu anda perhatikan pada saat berkunjung ke Aceh Tamiang adalah ada beberapa kondisi Jalan yang sangat tidak memadai. Namun demikian, sebagai wisatawan atau taveler sejati hal tersebut seperti nya bukan merupakan sebuah tantangan bagi anda yang ingin berwisata ke Air Terjun 7 Tingkat.

Lokasi air terjun ini berlokasi di jalan Aceh-Medan, tepatnya di perbatasan Aceh Tamiang dengan Langkat.

Nama dari Air Terjun 7 Tingkat ini dulunya berasal dari bentuk airnya yang memang terdiri dari 7 tingkatan. Di tempat wisata ini anda bisa menghabiskan waktu bermain di aliran sungai yang amat jernih seraya menikmati pemandangan air terjun yang sangat memaku.

6. Istana Karang

Foto : Detik Travel
Kalian yang suka dengan sejarah dan lebih tertarik dengan adanya sejarah bisa berkunjung ke tempat wisata yang ke 6 ini, yaitu Istana Karang. Sebenarnya di Kabupaten Aceh Tamiang ini ada 2 istana yang letaknya terpisah.

Tempat ini dulunya menjadi tempat untuk Raja Tamiang dan sangat memiliki ikatan yang erat dengan Kesultanan Deli di Medan, tapi sayangnya banyak sekali para wisatawan yang mengatakan jika tempat wisata ini kurang mendapat perhatian dalam pengelolaannya, dan terbukti jika bangunan ini terlihat tidak terawat sama sekali.

Sebenarnya dulu, kata warga sekitar, Istana Karang ini pernah mengalami beberapa perbaikan mulai dari pengecatan ulang temboknya sampai gonta-ganti penghuni yang memanfaatkan Istana ini sebagai kantor.

Alangkah baiknya bangunan bersejarah ini dibuat sebagai objek wisata agar bisa terus dijaga kelestariannya sebagai bukti dari sejarah itu sendiri. Disana ada sebuah ruangan yang tembus pandang di jendela istana tersebut, dan di dalamnya ternyata ada beberapa gendang raksasa yang mirip sekali dengan bedug yang digunakan pada saat malam takbiran.

7. Istana Benua Raja

Foto : Backpacksejarah.com
Untuk yang ke 7 ini lokasi nya tidak jauh dari tempat wisata yang nomor 6, masih serupa mengenai Istana. Istana Benua Raja ini terletak tak jauh dari Istana Karang, keduanya memiliki hubungan tetapi hanya saja Istana Benua Raja dulunya dikelola oleh ahli waris yang hingga kini tinggal dan merawat istana tersebut. Meskipun bangunan ini hanya seperti rumah biasa, tetapi bangunan ini tetap terjaga dan corak bangunan yang masih menyerupai arsitektur Belanda dengan dominasi warna kuning. Istana Benua Raja ini berada di Desa Benua Raja, Kecamatan Rantau.

8. Air Terjun Kembar

Foto : Traveluxion
Kali ini adalah Air Terjun Kembar. Kenapa di namakan Air Terjun Kembar? karena di objek wisata ini terdapat air terjun yang memiliki dua air terjun yang berjajar di satu tempat.

Lokasi objek wisata air terjun ini terletak di Kampong Tenggulun, Kecamatan Tenggulu. Objek wisata Air Terjun Kembar ini memiliki jarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang, Indonesia.

Di objek wisata ini anda akan menemukan pemandangan yang jarang di temukan karena di sini anda akan melihat 2 air terjun yang hampir sama di satu tempat. Anda bisa bermain air dan mandi di bawah air yang segar ini.

9. Kuala Paret

Foto : Satu Media
Objek wisata yang ke 9 ini adalah Kuala Paret. Objek wisata Kuala Paret ini sangat populer sekali untuk sekarang ini, bahkan hampir seluruh Aceh telah mempopulerkan Objek Wisata tersebut. Objek wisata Kuala Paret memiliki panorama keindahan yang sangat banyak sekali dan sudah tersebar di berbagai media sosial.

Objek wisata ini adalah sebuah sungai yang sangat indah dengan batu – batuan yang telah membentuk ngarai cantik yang berkelok kelok. Sungai di objek wisata ini telah memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, udara pegunungan di sekitar objek wisata pun akan membuat anda betah berlama-lama di sana.

Lokasi Objek Wisata Kuala Paret ini berada di kawasan Perkebunan PT Ampli yang terletak di suatu desa bernama Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh. Jika anda dari pusat Kota Kuala Simpang kurang lebih membutuhkan perjalanan sekitar 3 Jam saja untuk sampai ke lokasi wisata ini.

10. Air Terjun Sangka Pane

Foto : Steemit.com
Setelah 9 Objek Wisata di atas, sekarang kita berlanjut ke objek wisata ke 10, yaitu Air Terjun Sangka Pane yang terletak di sebuah kecamatan yang bernama Kecamatan Bandar Pusaka.

Air terjun ini tak kalah indah nya dengan air terjun lain. Udara sejuk serta air yang bikin badan kita jadi segar akan di sajikan oleh air terjun ini.

11. Wisata Lapangan Golf

Foto : Lentera24.com
Yang ke 11 ini sebenarnya bukan objek wisata yang disajikan oleh alam, tapi masih termasuk sebuah tempat yang sering di kunjungi karena memiliki keindahan yang luar biasa. Lapangan Golf ini sebenarnya digunakan untuk bermain golf. Jadi jika anda memilik hobi untuk bermain golf anda bisa datang ke tempat ini.

Tempat ini berada di Gampong, Kecamatan Rantau. Dan jika anda lewat Kabupaten jaraknya kurang lebih 17 km, dan 1 km jika anda berada di Kecamatan. Tapi sayangnya sekarang tempat ini sudah ditutup pihak Pertamina selaku pengelola disebabkan ulah orang-orang tak bertanggung jawab.

12. Gua Pintu Kuari

Foto : Tenggulun Center
Selanjutnya adalah gua yang terdapat di Aceh Tamiang, gua tersebut adalah Gua Pintu Kuari. Wisata ini juga meruapakan situs budaya dan situs pra sejarah di aceh, di dalam gua ini ada semacam ornamen yang menandai bahwa dulunya di dalam gua ini pernah dijadikan sebuah tempat tinggal oleh para manusia purba jaman dahulu.

Jika anda ingin menuju ke Gua Pintu Kuari ini anda bisa menempuh jarak sekitar 45 km dari ibukota Kabupaten dan jika dari Kecamatan hanya 7 km saja.

 13. Tangsar Alur Biak

Foto : Berbagi Informasi Tak Perna Rugi
Yang satu ini adalah tempat wisata pemandian yaitu Tangsar Alur Biak yang berada di Gampong Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang.

Jika anda menuju ke lokasi ini dari ibukota Kabupaten akan menempuh jarak sekitar 40 km dan jika dari Kecamatan hanya 10 km saja.

14. Gua Walet

Foto : Traveluxion
Yang terakhir ini adalah Gua Walet, gua ini adalah tempat atau sarang dari burung-burung walet berada. Gua ini berada di Kabupaten Aceh Tamiang namun karena memiliki letak yang sangat jauh dari perkotaan, maka Gua Walet ini sudah jarang dikelola dan di rawat dengan baik.

Yapp Mungkin itu saja objek wisata yang bisa kami bahas disekitaran Aceh Tamiang, objek wisata di atas adalah objek wisata paling bagus dan terpopuler. Kumpulan Objek wisata itu bisa dijadikan referensi anda jika mau berkunjung ke Aceh Tamiang. 14 Objek wisata di atas manakah yang menurut anda paling bagus dan cocok untuk di kunjungi saat liburan tiba? Silahkan jawab di komentar ya. Rekomendasi anda juga akan menjadi contoh referensi bagi pembaca selanjutnya. Demikian artikel mengenai Tempat Wisata di Aceh Tamiang semoga bermanfaat dan Terima Kasih. [] TEMANTRAVEL.ID

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.