TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang, Fadlon, SH hadiri kegiatan Pelatihan Kader Ulama (PKU), yang diselenggarakan oleh Majelis Permusyawaran Ulama (MPU) Aceh Tamiang di Aula Sekolah Menengah Islan Pertama (SMIP), Senin (3/9).



Ketua MPU Aceh Tamiang, Drs.H.M. Ilyas Mustawa dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PKU ini berdasarkan UU no 11/2016 tentang Pemerintahan Aceh, yang tertuang dalam pasal 139 ayat 1 dan pasal 140 ayat 1 serta Qanun Aceh no.2/2009 tentang tufoksi MPU dimana diantaranya melakukan pengkaderan ulama.

"Untuk itu, Kami berharap Pemerintah Daerah dan DPRK Aceh Tamiang dapat memberikan anggaran yang maksimal terhadap fungsi dan tugas MPU terutama fasilitas rumah dinas dan hal-hal lainnya", katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Sekretariat MPU, Drs. H.Maddiyah.MPd, dalam laporannya, PKU bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang dasar-dasar menjadi ulama, membina kaderisasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ilmu agama. "Peserta PKU sebanyak 28 orang, yang berasal dari perwakilan 12 Kecamatan", ujarnya. Sembari menambahkan, kegiatan dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai dari (3 s/d 6). "Nara sumber berjumlah 8 orang, yang merupakan unsur pimpinan MPU, Pimpinan Komisi dan Pimpinan DKU serta Pimpinan Dayah", imbuh Maddiyah.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH dalam sambutannya mengatakan, kendala-kendala terhadap program Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) terkait dengan anggaran, untuk dapat kita proaktif serta didukung.

"Diharapkan, rumah dinas untuk MPU untuk dapat diterealisasikan, sejak saya dilantik sampai sekarang tidak ada program-program ulama dan umat yang kami coret. Insya Allah di tahun 2019 terkait program-program MPU. Dewan akan memfasilitasi dengan berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten", terangnya.

Ia menambahkan, melalui pelatihan ini, para peserta harus lebih serius dikarenakan ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu ulama dan umat. "Peran penting ulama sangat berpengaruh besar terhadap umat", ungkap Fadlon. [] TN-W015

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.