TamiangNews.com, KARANG BARU -- Kasus atau permasalahan yang terjadi di internal pemerintahan, baik Kabupaten maupun Desa hendaknya diselesaikan terlebih dahulu di internal pemerintah sebelum kasus tersebut dibawa ke polisi. 



Ungkapan tersebut diucapkan Bupati Aceh Tamiang, H Mursil ketika memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Peradilan Damai Kampung di Aula SKB Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (25/09) yang diselenggarakan oleh Majelis Adat Aceh (MAA). 

"banyak permasalah kecil (Tipiring) yang terjadi di kampung tidak diselesaikan dengan peradilan adat Kampung, seharusnya diselesaikan di kampung dulu, kalu tidak sanggup diselesaikan di kampung, baru bawa permasalahan tersebut ke pihak kepolisian", ungkap Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa sejak dahulu dalam masyarakat Aceh, dikenal dengan adanya lembaga yang menyelesaikan perkara-perkara pada tingkat kampung dan mukim. "Indonesia tidak memiliki peradilan adat Kampung ini, baru Aceh yang mempunyai", katanya.



Perangkat Pemerintah Kampung, tambah Bupati lagi, beserta lembaga adat, melalui fungsionaris adat membentuk semacam majelis hakim, guna menyelesaikan perkara-perkara yang dihadapi masyarakat, tambah Bupati.

Penyelesaian perkara secara damai melalui peradilan adat berbeda dengan peradilan umum yang ada, baik dari sudut filsafat, prosedur maupun administrasinya, katanya lagi.

Mursil menganggap peradilan adat Kampung sangatlah baik, sehingga ia berharap agar di perluas serta terapkan, selain itu peradilan damai Kampung tersebut sangat efektif dan efisien, harapnya. 

Selanjutnya, Ketua MAA Aceh, H Badruzzaman. SH. M. Hum juga menambahkan bahwa sistem peradilan adat Kampung tersebut sangatlah berguna, dan sistem tersebut telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah, sebab peradilan ini menyangkut masyarakat banyak. Dan saat sistem tersebut banyak di adopsi provinsi lain, katanya. 

Dalam pembukaan pelatihan tersebut, tampak dihadiri, Bupati Aceh Tamiang, Ketua MAA Provinsi Aceh dan juga Kabupaten Aceh Tamiang, Para Camat, Para Mukim, Seluruh Datok Penghulu, serata para peserta Pelatihan. [] TN-W016 (zulfi) 

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.