TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- Melalui Dinas Lingkungan Hidup pemerintah kota Padang, Walikota Sumatra Barat menyampaikan himbauannya untuk pembatasan penggunaan kantong plastik (kresek-red) berwarna hitam. Terkhusus untuk pelaksanaan qurban di moment lebaran idul adha ini. 


Dengan surat himbauannya nomor 660/11.86/DLH-pdg/2018 tertanggal 10 Agustus 2018 Walikota Padang H.Mahyeldi,SP menyampaikan kepada pengurus & panitia qurban untuk dapat mengurangi penggunaan kantong plastik hitam. Selain memperhatikan faktor ramah lingkungan, penggunaan kantong plastik hitam disinyalir juga tidak baik untuk kesehatan.

Sebagai solusi alternatif pengganti kantong plastik ini walikota menyarankan penggunaan daun pisang dan bahan alami lainnya yang bisa dijadikan pembungkus dan menggunakan kantong plastik berbahan lebih ramah lingkungan.

Di sejumlah daerah di Indonesia juga sempat beredar promosi penggunaan wadah dari anyaman daun pandan yang dijadikan tempat daging qurban yang siap untuk dibagikan. 

Lagi, selain ramah lingkungan himbauan ini juga diharapkan mengurangi permasalahan kesehatan yang walau belum terbukti secara empiris namun dari proses pembuatan kantong plastok hitam ini dari "limbah" kantong plastik juga menjadi pertimbangan kesehatan. 

Sejumlah daerah sudah memulai , semoga Aceh khususnya Aceh Tamiang juga ikut peduli dengan masalah "si kantong plastik hitam" ini. [] TN-W014

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.