TamiangNews.com, KUALASIMPANG -- Wajah Kota Kualasimpang direncanakan akan dirubah menjadi kota yang Bersih, Elok, Tertib, Ukhuah, Aman dan Harmonis “Betuah”, hal tersebut disampaikan Bupati Aceh Tamiang H. Mursil saat disambangi wartawan di ruang kerja belum lama ini.

Foto : CMN
“Sehingga kota Kualasimpang bisa menjadi kota yang Betuah, seperti harapan warga Kota Kualasimpang khususnya dan dambaan masyarakat Aceh Tamiang umumnya,” jelas Mursil.

Namun demikian, untuk merubah wajah kota Kualasimpang saat ini tidaklah semuda membalikan telapak tangan, semua itu harus dilakukan secara bertahap, dan perencanaan yang matang, sehingga dalam penataan nantinya tidak ada yang tersakiti atau terdhalimi.

Masalah kota, dimanapun daerahnya dan siapapun pemimpinnya selalu dihadapi dengan persolan sosial maupun hajat hidup orang banyak. “Kita sudah siapkan perencanaan tata kota kita, dengan master plan dan ring roadnya,” ungkapnya. 

Perencanaan awal, kita tertibkan terlebih dahulu pasar buah yang terletak di ujung titi (jembatan), dimana bangunan tersebut akan kita relokasikan di tanah bekas sekolah SD Negeri 5 (dahulu kedai bawah_red), dimana tanah ujung jembatan Kota Kualasimpang nantinya kita jadikan taman kota yang bersih, sehingga masjid Taqwa di belakang bangunan kedai buah dapat terlihat indah bagi masyarakat.

Lebih lanjut dia menambahkan, Jalan Iskandar Muda akan diperlebar menjadi jalan lurus menuju kota hingga menembus jalan Cut Nyak Dhin Kota Kualasimpang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacatan kota Kualasimpang disaat jam-jam sibuk.

Termasuk perencanaan pemindahan gedung SD Negeri 3 Kota Kualasimpang yang saat ini telah mendapat persetujuan dari semua pihak, dimana lokasi bangunan sekolah tersebut nantinya akan kita jadikan lokasi perpakiran kendaraan. 

“Untuk ring roadnya dan perencanaan tata ruang kota sudah kita siapkan,” ungkap Mursil lagi.

Ketika disinggung masalah terminal banyangan di sepanjang jalan Iskandar Muda Kota Kualasimpang, bupati mengatakan hal tersebut akan segera ditertikan, dan akan memanggil intasi terkait untuk melakukan rapat  kordinasi dalam mencitapkan kondisi Kota Kualasimpang menjadi kota “Betuah”.  [] CMN

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.