TamiangNews.com, LANGSA -- Berdasarkan hasil Konferensi pers yang digelar Polres Langsa Terkait dugaan Pembunuhan terhadap salah seorang Siswa SMAN 2 Langsa, pada Rabu (18/7) yang lalu, kemarin Kamis (19/7) sekira pukul 20.00 WIB bertempat di Kota Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Jum'at (20/7), Satreskrim setempat berhasil Bekuk pelaku Pembunuhan tersebut. 


Dalam siatan pers tersebut diungkap Bahwa identitas Pelaku yang diamankan yakni Nama HKS (17), Pekerjaan Pelajar SMKN warga Kebun Ubi Kampung Rantau Pauh Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang.

Berdasarkan keterangan dari saksi-saksi dan olah TKP yang dilakukan oleh Tim Sat-Reskrim Polres Langsa bahwa dari TKP berhasil diamankan BB berupa : 1 (satu) Unit HP merk Advan Warna Putih; 1 (satu) buah Dompet berwarna coklat yg berisikan : 1 (satu) buah kartu Tanda Siswa SMKN 2 Karang Baru An. HKS. 1 (satu) buah kartu perpustakaan SMKN 2 Karang Baru An.HKS. 1 (satu) buah Kartu ATM bank BRI Uang sejumlah Rp. 51.000,- (Lima puluh satu ribu Rupiah).

Berdasarkan keterangan saksi serta Barang bukti yang telah diamankan didapati petunjuk bahwa yang diduga menjadi pelaku pembunuhan tersebut adalah HKS, setelah anggota Sat Reskrim Polres Langsa melakukan pengembangan ke SMK N 2 Karang Baru guna mencari identitas lengkap yang diduga menjadi pelaku pembunuhan tersebut.


Informasi dari SMKN 2 Karang Baru didapat bahwa yang diduga pelaku tersebut tinggal di Kebun Ubi Kampung Rantau Pauh Kec. Rantau Kab. Aceh Tamiang, tim dari anggota Sat Reskrim Polres Langsa langsung menuju ke rumah yang diduga menjadi pelaku pembunuhan tersebut akan tetapi terduga HKS sudah melarikan diri / tidak berada dirumah, dari rumah pelaku turut diamankan BB berupa 1 (satu) Unit Sepeda motor merk Honda warna Hitam merah, dimana sepeda motor itu merupakan alat bantu yang digunakan oleh HKS.

Kemudian sebut sumber tidak jauh dari rumah HKS, Kepala Dusun dan Masyarakat di Kampung itu memberitahu bahwa ada sepeda motor yang disimpan di salah satu rumah warga yang diduga ada kaitannya dengan perkara pembunuhan itu, selanjutnya anggota Sat Reskrim Polres Langsa langsung menuju kesana dan dari rumah tersebut kembali diamankan BB berupa: 1 (satu) unit sepeda motor merk Honda Supra Helmet, tanpa Nopol, dan terdapat bekas bercak darah.

Setelah dilakukan penyelidikan bahwa benar sepeda motor itu merupakan milik korban yang setelah pelaku melakukan pembunuhan, pelaku membawa sepeda motor milik korban dan kemudian sepeda motor disembunyikan di salah satu rumah masyarakat yg berada di Kebun Ubi Kampung Rantau Pauh Kec. Rantau Kab. Aceh Tamiang.

Hasil penyelidikan diketahui bahwa keberadaan pelaku pergi ke arah Kota Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, kemudian anggota Sat Reskrim Polres Langsa langsung melakukan pengembangan ke lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian Pelaku.

Akhirnya pada Kamis (19/7) sekira pukul 20.00 WIB bertempat di Kota Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara akhirnya berhasil diamankan tanpa adanya perlawanan, dari tangan HKS turut diamankan BB berupa 1 (satu) potong baju kemeja yang digunakan pelaku pada saat melakukan pembunuhan 1 (satu) potong celana warna hitam digunakan pelaku pada saat melakukan pembunuhan 1 (satu) pasang sepatu warna hitam yg digunakan pelaku pada saat melakukan pembunuhan.

Selanjutnya dari hasil Interogasi yg dilakukan terhadap HKS menerangkan bahwa benar telah melakukan pembunuhan terhadap korban An. M. Faizal, 17 Tahun, Pelajar (kelas 3) SMAN 2 Langsa, Gp. Alue Merbau Kec. Langsa Timur Kota Langsa, adapun cara pelaku melakukan pembunuhan tersebut dengan cara awalnya pelaku pergi menuju ke SMAN 2 Langsa bersama temannya bernama Dani (Panggilan) menggunakan 1 (satu) Unit Sepeda motor merk Honda warna Hitam merah.

Sesampainya di depan SMAN 2 Langsa pelakupun menghubungi pacarnya yang merupakan salah satu murid SMAN 2 Langsa dan akhirnya pelaku pun bertemu dengan pacarnya di depan SMAN 2 Langsa, dan setelah itu pelaku pun meminjam HP milik pacarnya untuk menghubungi korban Via SMS dan mengajak bertemu di depan SMAN 2 Langsa.

Selanjutnya setelah korban datang menghampiri pelaku akhirnya pelaku pun mengajak korban pergi ke daerah Alur di Gp. Baroh kec. Langsa Lama Kota Langsa, sedangkan Dani (panggilan) menunggu di warung depan SMAN 2 Langsa, kemudian pelaku dan korbanpun pergi ke tempat yang telah disepakati menggunakan sepeda motor milik korban dengan membonceng pelaku.

Sesampainya di tempat, pelaku melihat situasi di seputaran tempat kejadian dalam keadaan sepi, kemudian pelaku pun langsung mengeluarkan 1 (satu) bilah pisau yang telah dipersiapkan sebelumnya dan langsung membacok/menusuk ke arah bagian perut korban di bagian sebelah kiri dan kanan yang kemudian mengakibatkan korban terjatuh dari sepeda motor, melihat hal itu pelaku panik kemudian melarikan diri menggunakan sepeda motor milik korban, dan selanjutnya pelaku langsung menghampiri Dani pergi menuju Kebun Ubi Kampung Rantau Pauh Kec. Rantau Kab. Aceh Tamiang.

Sesampainya di Kampung pelaku bersama dengan Dani menaruh sepeda motor milik Korban di salah satu rumah warga, kemudian pergi meninggalkan sepeda motor disana, selanjutnya pelaku pun menaruh sepeda motor miliknya dirumah dan setelah itu pelaku pergi melarikan diri guna menghilangkan jejak menuju Kota Sei Rampah dengan menggunakan mobil angkutan umum uang hasil penjualan Handphone milik pelaku.

Akhirnya di Kota Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai Prov. Sumatera Utara berakhir petualang sang pelaku pembunuhan berhasil diamankan oleh anggota sat Reskrim polres Langsa dan saat ini telah diamankan di Polres Langsa guna dilakukan proses lebih lanjut.

Dari hasil interogasi bahwa modus pelaku melakukan pembunuhan dikarenakan pelaku merasa cemburu terhadap korban yang sempat dekat dengan pacar pelaku yang merupakan murid di SMAN 2 Langsa.

Dan pengungkapan kasus tindak pidana pembunuhan / menghilangkan nyawa orang lain berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/101/VII/RES.1.7./2018/Aceh/ Res Langsa, tanggal 19 Juli 2018 tentang dugaan tindak pidana pembunuhan/menghilangkan nyawa orang lain dan atau pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud dalam pasal 338 Jo pasal 340 KUHPidana Subs UU RI Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.