TamiangNews.com, JAKARTA -- Pendaftaran CPNS 2018 direncanakan akan mulai dibuka akhir Juli. Sementara, untuk formasi CPNS 2018 akan ditetapkan pada pekan depan.

Foto : jpnn.com
Mahkamah Agung (MA) termasuk salah satu lembaga yang butuh tambahan sumber daya manusia (SDM). Meski sudah mendapat tambahan lebih dari 1.500 tahun melalui seleksi CPNS tahun lalu, mereka masih butuh tambahan tenaga.

”Terutama untuk tenaga-tenaga operator, tenaga-tenaga IT kami kekurangan sekali,” ungkap Juru Bicara (Jubir) MA Suhadi ketika diwawancarai Jawa Pos, Jumat. Selain itu, dia pun mengakui bahwa instansinya masih kekurangan hakim.

Idealnya, sambung Suhadi, paling sedikit MA punya seribu hakim. Namun demikian, jumlah hakim yang ada saat ini masih jauh dari kebutuhan tersebut. ”Yang ada sekarang tujuh ribu hakim. Tambah 1.591 tahun lalu jadi sekitar 8.500 hakim,” terang Suhadi.

Namun demikian, hakim yang diterima melalui seleksi CPNS tahun lalu belum bisa bekerja sebagai hakim. Sampai saat ini mereka masih melakoni pendidikan yang berlangsung sekitar 2,5 tahun.

Ditambah ada hakim yang pensiun setiap tahun, kebutuhan hakim MA semakin menumpuk apabila tidak cepat dipenuhi. ”Harapannya dapat terpenuhi tenaga SDM di pengadilan dan MA,” tutur Suhadi.

Dengan kondisi saat ini, bukan tidak mungkin setiap kali pemerintah membuka seleksi CPNS, MA turut mengusulkan formasi untuk menutup kebutuhan mereka. Sehingga masalah kekurangan SDM yang selama ini turut jadi soal teratasi. [] JPNN.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.