TamiangNews.com, JAKARTA -- Ilmuwan mempelajari bintang-bintang di luar angkasa serta exoplanet yang berhasil ditemukan. Salah satu exoplanet yang telah diketahui seperti Proxima Centauri b yang berjarak hanya beberapa tahun cahaya.

Foto : Okezone.com
Selain itu, terdapat pula planet ekstrasurya terdekat kedua yang dikenal dengan nama Ross 128 b. Melalui analisis bintang induk, para peneliti mengatakan planet ekstrasurya itu kecil, berbatu, dan berpotensi mendukung kehidupan.

Dilansir Extremetech, bintang kerdil merah Ross 128 hanya berjarak 11 tahun cahaya jauhnya. Ini dinilai tidak jauh dalam istilah antara bintang.

Kebanyakan exoplanet terdeteksi menggunakan metode transit, di mana planet lewat di depan bintang tuan rumah mereka. Akan tetapi, tampaknya ini tidak berlaku untuk Ross 128.

Astronom menggunakan satu dekade data kecepatan radial dari spektrograf HARPS Southern Southern Observatory untuk menunjukkan bahwa sebuah planet menarik ringan pada bintang saat mengorbit.

Karena Ross 128 tidak transit pada bintang, sulit untuk mempelajarinya secara langsung. Oleh karena itu, tim dari Observatório Nacional dari Brasil dan Lembaga Carnegie mempelajari bintang itu dengan tujuan mengekstrapolasi detail tentang planet ini.

Sifat kimia dari sebuah bintang mempengaruhi bagaimana planet terbentuk, dan mereka kemungkinan berbagi komposisi yang sama.

Menggunakan instrumen spektroskopi APHGA Sloan Digital Sky Survey, tim mengukur spektrum inframerah dekat Ross 128 untuk mengukur kelimpahan karbon, oksigen, magnesium, aluminium, kalium, kalsium, titanium, dan besi.

Mereka memutuskan bahwa Ross 128 memiliki kadar besi yang mirip dengan matahari, tetapi ada lebih banyak magnesium. Itu menunjukkan Ross 128 b mungkin sedikit lebih besar dan lebih masif.

Dengan perkiraan massa dari pengukuran kecepatan radial dan pengukuran bintang baru, para ilmuwan mampu menarik beberapa kesimpulan tentang kondisi pada Ross 128 b.

Exoplanet lebih dari 1,7 kali radius Bumi biasanya gas raksasa, tetapi Ross 128 b berada di bawah ambang itu. Ross 128 b harus memiliki iklim sedang yang memungkinkan untuk air cair di permukaan.

Ini mengasumsikan bahwa planet tersebut memiliki atmosfer. Ross 128 b menjadi target yang menggiurkan untuk penelitian di masa depan. [] OKEZONE.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.