TamiangNews.com, LANGSA -- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Langsa Barat dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Langsa Baro, melantik sebanyak 25 anggota Panitia Pengawas Gampong, yang berlangsung di Aula Hotel Kartika Langsa, Sabtu (9/6).


Adapun anggota PPG untuk Kecamatan Langsa Barat (Labar) 13 orang dan untuk Kecamatan Langsa Baro (Labaro) sebanyak 12 orang yang dilantik serta dihadiri oleh Komisioner Panwaslu Kota Langsa, Agus Syahputra S.Sos.I, Riswandar, Camat Langsa Baro, Zulhadisyah MSP, Danramil Langsa Barat, Lettu Inf Sukamto.

Komisioner Panwaslu Kota Langsa, Agus Syahputra, S.Sos.I, dalam sambutanya mengatakan sangat optimis terhadap anggota PPG yang baru dilantik dan kedepan tugas pelaksaan pengawasaan ada dipundaknya.

"Saya yakin temen-temen yang telah dilantik dan semangat terus buat anggota PPG demi menunjang kinerja kedepan dalam mengemban tugas dan pengawasan, bersama rakyat kita laksanakan pengawasan", pinta Agus.

Dijelaskan lagi, proses demokrasi yang baik mampu menghasil keadilan, ekpektasi ini perlu terus kita laksanakan. Harapan teman PPG menjadi tombak pengawasan ditataran Gampong dimana yang paling mengerti dan mengetahui yang terjadi pelanggaran di tingkat gampong.

Agus tambahkan lagi bahwa intinya kepada semua anggota PPG harus optimis dalam mengawal perhelatan pemilu mendatang, mudah-mudahan hingga 2019 jalannya pengawasan sesuai koridor yang telah ditentukan dengan menganut sistem sinergi, Intergritas dan Mandiri.(SIM). 

"Seorang pengawas mampu menjadi seorang penyelenggara yang tidak manja dan mampu mengawasi jalannya pengawasan secara profesional, tidak boleh lebay atau dibabel", imbuh Agus

Ketua Panwaslucam Langsa Barat, Muhammad Rizal, mengatakan bahwa PPG tidak saja berfungsi melakukan pengawasan tetapi juga melakukan fungsi supervisi terhadap pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh pengawas TPS.

"Pemilu kedepan jauh lebih berat, PPG dengan kapasitas kelembagaan dituntut untuk melakukan peran-peran strategis baik dalam konteks pencegahan maupun penindakan", tutur M Rizal.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panwaslucam Langsa Baro, Syafrul, Pemilu bukanlah tujuan akhir, tapi Pemilu merupakan intrumen untuk mencapai tujuan dalam sistem pemerintahan yang berhaluan demokrasi di Republik ini.

"Suksesnya Pemilu tersebut paling besar perannya adalah masyarakat itu sendiri, dimana masyarakat sebagai pemilih disamping memberikan hak pilihnya juga berperan aktif dalam menciptakan kondisi aman dan damai di Gampongnya masing-masing", pinta Syafrul.

Sementara itu Camat Langsa Baro, Zulhadisyah, mengatakan lebih menitik beratkan kepada PPG yang telah dilantik agar melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai tahapan.

"Melakukan koordinasi dan komunikasi pada seluruh elemen masyarakat Gampong dan fokus sebagai anggota PPG agar Pemilu berjalan secara baik dan demokratis", pungkas Zulhadisyah. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.