TamiangNews.com, BANDA MULIA -- Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, MK.n dan Wakil Bupati T. Insyafuddin, Iskandar Sulaiman Team Asistensi Bupati beserta rombongan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA ) Kabupaten Aceh Tamiang berkunjung ke lokasi persiapan tambak udang vaname di Dusun Rampak, Kp Alur Nunang Kec. Banda Mulia,  Rabu (20/06).


Persiapan tambak udang vaname tersebut mengunakan lokasi tambak yang sudah tidak  produktif selama 18 tahun karena konflik Aceh, yang menurut Datok Penghulu Kampung Alur Nunang potensi lahan tambak yang ada di Kampung Alur Nunang kurang lebih 3000 Ha.

Wacana Pemkab Aceh Tamiang  terhadap lahan 100 Ha akan diprogramkan untuk pengembangan udang vaname bekerjasama dengan BRI melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan sebelum dibukanya kegiatan budidaya berskala besar, terlebih dahulu akan dibuat program pilot projeck di atas lahan seluas 1.200 m2.

Menurut Plt Kasie pengembangan budidaya, bidang perikanan budidaya Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan Teuku M.  Saleh,  menjelaskan bahwa 1 Ha luasan tambak dapat digunakan untuk 8 hingga 10 unit produksi, dengan asumsi 1 unit produksi dikelola oleh 1 orang.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang Mursil menjelaskan, jika program budidaya udang vaname di atas lahan 100 Ha terealisasi ada 1000 orang dapat terlibat dalam aktivitas budidaya udang vaname, hal ini berkorelasi dengan komitmen membuka lapangan kerja yang tertuang dalam Visi - Misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang,  ujarnya.  

Menanggapi hal tersebut,  Sugiono SH Wakil Ketua 1 KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, mengatakan sangat setuju dengan apa yang sudah dilakukan oleh Bupati Aceh Tamiang, bahwa Pilot Projeck merupakan cara yang tepat dan efektif sebagai media pembelajaran awal untuk pelaku usaha agar mahir serta menguasai. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.