TamiangNews.com, KARANG BARU -- Setiap melintasi Jalan RSUD Atam, Desa Kesehatan Kecamatan Karang Baru, dari kejauhan sudah terlihat tumpukan sampah di bawah pohon pucuk merah yang membuat mata para penikmat lari pagi/joging menjadi risih. Jalur yang menuju arah kerumah sakit itu pun sering jadi bahan omongan netizen di sosial media facebook.



Namun, itu dahulu, kondisi tersebut berbalik 180 derajat. Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal di Taman RSUD itu saat ini telah disulap berubah menjadi tumpukan bunga yang indah Selasa (22/5).

Pemkab Aceh Tamiang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) didukung oleh Datok Desa Kesehatan menutup TPS Ilegal tersebut yang sudah ada sejak tahun lalu, sehingga lokasi yang berada di Taman RSUD itupun yang penuh dengan sampah kemudian diubah menjadi taman bunga mini.

Alih fungsi TPS illegal menjadi taman bunga mini ini adalah inisiatif dari pada Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sayed Mahdi SP, M.Si, MMA yang sering melihat atau mendapat laporan tentang tumpukan sampah di tempat tersebut, padahal beberapa kali dari pihak DLH telah memasang Plang Pemberitahuan "Dilarang Buang Sampah Disini", Namun tidak diindahkan oleh warga dari beberapa Desa setempat.

Sayed Mahdi SP, M.Si, MMA selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan dirinya telah berembuk dengan Kabid Pertamanan untuk mengubah beberapa titik tempat pembuangan sampah ilegal menjadi taman bunga mini.

"Sudah ada beberapa lokasi yang kita sulap dari tempat sampah yang bau busuk menjadi taman bunga mini yang indah, dan ini memang menjadi senjata yang ampuh buat kita menjaga lingkungan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi, dan mmembuang sampah pada tempatnya yang telah kita sediakan", ujarnya.

T. Zunaidi yang merupakan Datok (Kepala Desa) Kesehatan menyampaikan, dengan diubahnya TPS menjadi taman, lingkungan sekitar menjadi bersih dan indah, bahkan warga menghendaki tepi jalan RSUD yang masih kosong untuk ditanami bunga-bunga kecil. 

"Ya sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas lingkungan Hidup (DLH) yang telah menyulap tempat pembuangan sampah ilegal ini menjadi taman bunga mini dan mau turun langsung kelapangan dan ikut dalam menanam bunga, jadi dengan ditanamnya bunga ini bisa membuat sedikit kesadaran buat warga dari tiga desa agar tidak membuang sampah lagi di sini", katanya. [] TN-W008

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.