TamiangNews.com, ACEH TAMIANG -- Dinas Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, gelar kegiatan Launching dan Sosialisasi Pelayanan Pra Rumah Sakit Melalui Publik Safety Canter 119 (PSC 199) dan pembentukan Tim PSC 119 Aceh Tamiang, pada Senin (23/04) di Aula Setdakab setempat.



Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, dr Catur Haryati, dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan guna mengantisipasi keadaan gawat darurat yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.


"Kejadian gawat darurat kapan saja bisa terjadi, untuk itu Pemerintah Daerah harus komitmen membangun PSC sebagai solusi terbaik Pra Rumah Sakit", ujar Kadis Kesehatan.


Untuk itu, lanjut Kadis Kesehatan, agar diharapkan PSC ini nantinya, mampu memberikan kontribusi terhadap keadaan emergency di kabupaten Aceh Tamiang, dengan menghubungi call center 119.


Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH MKn, dalam sambutannya mengatakan, bahwa sesuai instruksi presiden Republik Indonesia nomor 4 tahun 2013, yang mengamanahkan diserap kabupaten/kota harus membentuk PSC yang berfungsi sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan.



Selain itu, lanjut Bupati Mursil, kabupaten Aceh Tamiang, menjadi kabupaten ke 16  terbentuknya PSC 119 dari 23 kabupaten/kota se Aceh.

"Sangat disayangkan, kita di no 16 terbentuknya PSC, ini merupakan keterlambatan, seharusnya kita ada di no 1 terbentuknya PSC", ungkap Bupati Mursil.


Disamping itu, Masih Bupati Mursil, Kehadiran PSC 119, bukan hanya untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang berhubungan dengan kecelakaan, namun juga dalam situasi kritis. Sehingga PSC 119 nantinya menjadi ujung tombak untuk menangani gawat darurat pra rumah sakit.


Diakhir sambutanya, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH MKn meresmikan Tim PSC 119 Kabupaten Aceh Tamiang, sekaligus menandatangi Prasastinya.


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Aceh Tamiang T Insyafuddin ST, Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon SH, Sekretaris Daerah Ir Razuardi MT, Kepala RSUD Aceh Tamiang dr Mustakim Manaf M Kes , Unsur RSUD, Unsur Puskesmas serta para tamu undangan. [] L24


Berita ini sebelumnya telah Ditayangkan di Media Online Lentera24.com dengan judul "Bupati Mursil Resmikan Tim PSC 119 Aceh Tamiang"


Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.