TamiangNews.com | JAKARTA -- Pemerintah berencana menaikkan gaji para pegawai negeri sipil (PNS) pada 2019 mendatang. Rencana ini menjadi kabar yang sangat membahagiakan bagi PNS lantaran gaji mereka terakhir kali mengalami kenaikan pada 2015 silam.

Foto : Ilustrasi
Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani masih belum banyak komentar. Pasalnya, diperlukan pengkajian yang elbih dalam karena menyangkut APBN.

"Nanti kita lihat di UU APBN. RKP-nya sedang dibuat, kerangka ekonomi makro sedang akan disidang-kabinetkan. Jadi saya belum komentar soal itu ya," ujar Sri Mulyani di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2018).

Sebelumnya, Belum ada kepastian besaran kenaikan gaji pokok ini karena usulan tersebut tengah dimatangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Direktur Kompensasi Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN Aswin Eka Adhi mengatakan, penyusunan konsep usulan kenaikan gaji pokok dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa sudah lebih dari dua tahun PNS tidak memperoleh kenaikan gaji.

BKN juga menyiapkan landasan hukum karena aturan teknis kenaikan gaji dan tunjangan dari Undang-Undang (UU) No 5/2014 tentang ASN hingga kini juga belum ditetapkan. Usulan ini juga disinkronkan dengan analisa kebutuhan anggaran dengan melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga.

“Hal tersebut (kenaikan) bergantung pada hasil penghitungan kapasitas fiskal atau kemampuan keuangan negara yang akan dibahas bersama dengan Kemenkeu ,” ujar Direktur Kompensasi Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN Aswin Eka Adhi. [] Okezone.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.