TamiangNews.com, NEW DELHI -- Dari wanita untuk wanita. Demikian slogan untuk becak pink atau merah muda di India. Kehadiran unit ini pun digadang-gadang sebagai bagian dari rangkaian revolusi di India.

Foto : Liputan6.com
Seperti dikutip dari Al Arabiya, Senin (19/3/2018), pemerintah India meluncurkan armada becak khusus wanita ini akibat meningkatnya kasus pelecehan seksual di angkutan umum.

Armada roda tiga di India ini diyakini mampu memberikan rasa aman terhadap kaum wanita saat bepergian. Anti-pelecehan seksual.

Becak matik ini menjadi sumber martabat dan kemandirian finansial bagi pengemudi wanita. Mayoritas sopir armada tersebut adalah janda atau berpisah dengan pasangannya.

Salah satu pengemudi becak tersebut adalah Saraswati Sahoo. Ia mengaku para sopir pria kerap mematahkan semangat diri dan rekan bekerja wanitanya.

"Saya bilang kepada mereka bahwa seharusnya tak ada masalah dengan kehadiran becak pink, karena saya mencari nafkah dengan cara yang sah. Saya tidak mengambil jatah dari penghasilan mereka," katanya.

Ide Awal

Kusumbar Choudhury selaku Manajer Proyek, National Urban Livelihood Mission mengatakan bahwa gagasan becak pink tersebut adalah bahwa perempuan harus memulai sebuah inisiatif yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan para komuter perempuan di India.

"Lalu kami terpikir mengenalkan becak matik yang akan dijalankan oleh wanita untuk para komuter hanya wanita," jelas Choudhury. [] LIPUTAN6.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.