TamiangNews.com, JAKARTA -- Anak dengan tubuh gemuk memang terlihat sangat menggemaskan. Namun, kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan serius. Karena itu, banyak orang tua mendorong buah hatinya untuk diet.

Foto : sanggar senam
"Remaja yang mendapat dorongan untuk diet dari orang tua mereka lebih cenderung melakukannya dengan anak mereka sendiri," kata penulis studi Jerica Berge seperti dilansir CBS.

Hal ini banyak dilakukan para orang tua. Menurut peneliti, dorongan untuk diet yang diberikan orang tua bertujuan untuk agar mereka menurunkan berat badan. Peneitian ini melibatkan lebih dari 550 responden yang telah direkrut untuk penelitian besar saat mereka remaja.

Peneliti mengikuti responden selama 15 tahun, di mana saat ini mereka sudah menjadi orang tua. Rata-rata usia responden berkisar 31 tahun dan dua pertiganya adalah perempuan. Hasilnya, anak yang diminta diet saat remaja, 25% lebih mungkin kelebihan berat badan dan 37% berisiko obesitas.

Hal senada juga ditunjukkan pada penelitian sebelumnya. Bahwa, memusatkan perhatian pada berat badan anak atau menunjukkan perut mereka gemuk menyebabkan anak mengalami masalah makan di masa depan. Namun, jika orang tua membicarakan manfaat kesehatannya, lebih baik untuk berat badan mereka di masa depan.

"Orang tua mengkhawatirkan anak-anak mereka, tapi perlu mencoba untuk fokus pada percakapan yang sehat. Alih-alih berfokus pada berat badan, bicarakan bagaimana makanan sehat dapat membantu setiap orang dalam keluarga menjadi lebih kuat secara fisik dan menjalani hidup lebih lama," tandasnya. [] OKEZONE.COM

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.