TamiangNews.com, LANGSA -- Unit Kegiatan Mahasiswa Zawiyah English Club (UKM-ZEC) IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa bekerjasama dengan Lembaga Pare Language Center (PLC) Aceh sukses menggelar acara TOEFL Prediction Test dan Bedah TOEFL pada (17/02) di Kampus Cot Kala Langsa. 


Acara yang diketuai oleh Liza Anggy, MZ tersebut merupakan Tes TOEFL terbesar yang diikuti oleh peserta dari kalangan mahasiswa, pelajar, guru dan dosen se-Kota Langsa, Aceh Tamiang dan Aceh Timur.

Acara dibuka secara resmi pada pukul 8.30 oleh Dr. Fakhrurrazi, M.Hum selaku Pembina UKM-ZEC. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa acara TOEFL Prediction ini merupakan program kerja pertama yang merupakan titik awal yang baik oleh UKM-ZEC di tahun 2018. 

"UKM-ZEC kali ini sukses menyelenggarakan event besar bekerja sama dengan PLC Aceh dan Funtastic Learning (FL) Langsa", ujar Dr. Fakhrurrazi, M.Hum. 

Acara ini diikuti oleh 144 peserta yang dibagi dalam dua sesi tes. Sesi pagi sebanyak 87 peserta dan siang sebanyak 57 peserta. Setiap sesi acara dimulai dengan Bedah TOEFL selama setengah jam yang dilanjutkan dengan tes selama dua jam yang terbagi dalam Listening Comprehension, Structure and Writing  Expression dan Reading Comprehension. 

Setelah tes, peserta diajarkan bagaimana cara menghitung skor TOEFL-nya masing-masing dengan rumus yang telah ditetapkan secara Internasional.

TOEFL Prediction tes adalah simulasi TES TEOFL ITP yang bertujuan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris seseorang pada semua skill berbahasa. Melalui sertifikat yang akan dikeluarkan oleh PLC Aceh seminggu setelah tes, para peserta dapat melihat kemampuan bahasa Inggrisnya dan juga bisa memanfaatkan sertifikat tersebut sebagai prasyarat melamar kerja.

Acara yang digelar ini telah dibuka pendaftarannya di Kampus Cot Kala dan FL Langsa sejak Januari lalu dan ditutup satu hari sebelum acara, mendapat respon positif dan sambutan yang baik di Kota Langsa sebagai kota pelajar di Aceh. 

Direktur PLC Aceh berharap acara ini dapat menjadi acara rutin yang memang sangat membantu para intelektual.

"Kegiatan tes TEOFL ini diharapkan dapat menjadi acara rutin dilaksanakan,  sehingga tidak perlu pergi jauh ke Banda Aceh atau Medan untuk mengikutinya", ujarnya. [] TN-W001 (ril)

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.