TamiangNews.com, NEW YORK -- Abby Beckley merasa ada yang tidak beres dengan matanya sepulang liburan di Gold Beach, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat (AS).

Foto : jpnn.com
Saat itu dia yakin mata kirinya hanya iritasi biasa. Namun, betapa terkejutnya dia saat mengucek-ucek matanya yang gatal. Seekor cacing keluar dari sana.

’’Saya langsung pergi ke dokter,’’ kata perempuan 26 tahun itu sebagaimana dilansir Associated Press. Dokter mendiagnosisnya mengidap Thelazia Gulosa.

Cacing kecil nan tipis yang diambil Beckley di ujung mata kirinya adalah jenis yang sama dengan cacing mata pada ternak. Biasanya, cacing itu dijumpai pada ternak di kawasan utara AS dan wilayah selatan Kanada.

Beckley lantas mengeluarkan 13 cacing lagi dari mata kirinya dalam kurun waktu tiga pekan. Total ada 14 cacing yang diambil Beckley dari matanya. Masing-masing panjangnya sekitar 1,27 sentimeter.

Senin (12/2) para pakar kesehatan di AS resmi menyatakan bahwa kasus yang menimpa Beckley pada Agustus lalu itu sebagai mata cacingan pertama pada manusia.

Penyebabnya sama dengan pada ternak. Yakni, lalat wajah. Lalat itu biasanya menyedot air mata pada ternak. [] jpnn.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.