TamiangNews.com, TENGGULUN -- Gung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara yang meletus tadi pagi Senin (19/02) sekitar pukul 09.00 Wib diduga telah berdampak hingga Kabupaten Aceh Tamiang.

Foto : Letusan Gunung Sinabung (Tribunews.com)
Warga Kecamatan Tenggulun sekitar pukul 14.00 Wib telah kedatangan tamu tak diundang "hujan abu" yang diperkirakan berasal dari letusan Gunung Sinabung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun twitternya sebagaimana dilansir Sindonews.com, mengatakan Gunung Sinabung meletus pagi tadi dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 m disertai suara gemuruh dan disertai awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3.500 m dan ke arah selatan sejauh 4.900 m. "Tidak ada korban jiwa," ujar Sutopo.

Sementara menurut informasi yang diperoleh TamiangNews.com Senin sore (19/02), bahwa masyarakat Kecamatan Tenggulun saat ini telah mulai terganggu aktifitasnya akibat guyuran hujan abu yang diperkirakan berasal dari letusan Gunung Sinabung Kabupaten Karo.

Kasubsektor Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun Aiptu Tengku Abdul Razak yang dihubungi TamiangNews.com, membenarkan adanya hujan abu di sekitar Kampung Tenggulun dan Simpang Kiri.

"Memang benar, hujan abu di wilayah ini mulai terjadi sekitar pukul 14.00 Wib, tapi kami belum dapat memastikan abunya berasal dari mana, tetapi diperkirakan berasal dari letusan Gunung Sinabung", ujar Aiptu Tengku Abdul Razak.

Lebih lanjut dikatakan Kasubsektor, hujan abu yang terjadi saat ini sangat menganggu aktifitas warga, karena dapat membuat mata pedih seketika apabila keluar rumah tanpa pelindung mata.

Menurutnya guyuran hujan abu, telah sangat jelas menimbulkan dampak, pohon-pohon dan dedaunan telah berubah warna menjadi putih. Dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama mata dan pernapasan apabila masyarakat keluar tanpa menggunakan masker.

Sebagai upaya antisipasi, pihak Subsektor Simpang Kiri Kecamatan Tenggulun telah menghimbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, ujar Aiptu Tengku Abdul Razak. [] TN-W001

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.