TamiangNews.com, TEGUCIPALGA -- Gempa bumi berkekuatan 7,6 magnitudo mengguncang pulau-pulau terpencil di Honduras yang guncangannya terasa di seantero Amerika Tengah sehingga memicu peringatan tsunami di beberapa bagian kawasan Karibia.

Foto : Ilustrasi
Gempa bumi hebat itu memecahkan jendela bangunan di ibu kota Honduras, Tegucigalpa, yang berjarak 519 km arah timur pusat gempa dan dirasakan sampai Meksiko dan Belize. Tapi belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini.

Pusat Peringatan Tsunami Pacific mengatakan peringatan tsunami dikeluarkan Puerto Riko dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat setelah gempa itu diperkirakan menaikkan gelombang laut sampai 1 meter di atas normal.

"Rasanya seperti buldozer yang bergerak cepat. Tidak lama tapi mengerikan," kata Rodrigo Anaya Rodriguez, penduduk Quintana Roo, Meksiko.

Di Honduras, penduduk bagian selatan negara ini berhamburan ke luar rumah setelah merasakan guncangan hebat.

"Kami mendapat laporan bahwa gempa itu dirasakan oleh hampir seluruh penjuru negeri, tapi kami belum dilapori adanya kerusakan," kata Lizandro Rosales, direktur komisi kontingensi Honduras.

Survei Geologi Amerika Serikat menyebutkan gempa bumi 7,8 magnitudo ini berpusat di 202 km timur laut Barra Patuca di Honduras dan 307 km barat daya George Town di Kepulauan Cayman.

Kedalaman pusat gempa ini sangat dangkal, yakni hanya 10 dari permukaan laut, sehingga dampaknya sangat merusakkan. 

Guncangan kuat gempa juga terasa di ibu kota Belize, Belize City, tetapi belum ada laporan kerusakan. [] antaranews.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.