TamiangNews.com, MANYAK PAYED -- Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang melalui UPTD BPTPH adakan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) bersama puluhan kelompok tani di lapangan pinggiran sawah desa sapta marga kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang, senin (22/1).


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh bupati Aceh Tamiang H Mursil, assisten III Rudiyanto, Dandim 0104 diwakili Perwira Penghubung (pabung) Aceh Tamiang Mayor Inf Aidul A Yani, Camat Manyak Payed, Wan Irwansyah, Kapolsek Manyak payed ( perwakilan) dan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan, Safuan SP.

Dalam kegiatan ini kepala dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Safuan SP, membacakan laporan mengenai luas lahan sawah di kabupaten Aceh Tamiang yaitu 16.488 Hektar, luas tanam 2017 sebanyak 29.455 hektar, luas panen 2017, 28.032 hektar, produksifitas 5,8 ton/ hektar dan Produksi 162.062.3 ton.

Jumlah kelompok tani aceh tamiang sebanyak 829 kelompok diantaranya, kelas pemula 565, kelas lanjut 241, kelas media 23 dan kelas utama 0, Adapun jumlah penyuluh pertanian di kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 86 orang diantaranya 30 orang PNS, 30 orang THL TBPP (kontrak pusat), 6 orang PDPK dan 20 orang CPNS

Safuan Sp sempat mengatakan pengendalian hama untuk saat ini di aceh tamiang ada beberapa jenis hama yang menyerang tanaman padi, diantaranya, Hama putih palsu, penggerek batang, tikus, glass dan hama penyakit kresek sehingga kondisi serangan hama pada tanaman padi hingga saat ini masih diambang berat dan ringan.

kegiatan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) pada tanaman padi yang diselenggarakan di desa Sapta marga ini adalah yang perdana di Kabupaten Aceh Tamiang. [] TN-W008

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.