TamiangNews.com, JAKARTA -- Jenderal Budi Gunawan atau BG pensiun dari kepolisian hari ini, Selasa (12/12). Namun, pensiunnya BG tidak lantas membuatnya lengser dari jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Jenderal polisi budi gunawan (radar lampung)
Jenderal BG yang lahir di Surakarta 11 Desember 1959 itu pernah menjabat sejumlah posisi strategis di Polri. Dari Kepala Lembaga Pendidikan dan Diklat (Kalemdiklat) Polri hingga posisi Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri).

Asisten Sumber Daya Manusia (ASDM) Kapolri Irjen Arief Sulistyanto menuturkan, rencananya akan ada upacara wisuda purnabakti pada Januari 2018. Acara itu akan diikuti beberapa jenderal Polri yang juga pensiun. ”Ada jenderal lain juga,” paparnya.

Dengan pensiunnya BG, tidak berpengaruh pada mutasi pangkat jenderal di tubuh Korps Bhayangkara. ”Tidak ada jenderal naik pangkat menjadi jenderal penuh,” terang mantan Kapolda Kalimantan Barat tersebut.

BG merupakan sosok jenderal yang perjalanannya penuh lika liku. Presiden Jokowi pernah mengajukan BG sebagai Kapolri. Namun, akhirnya BG gagal menjabat posisi nomor satu di Polri karena adanya polemik KPK dan Polri.

Belakangan, BG menjadi Kepala BIN dengan pangkat Jenderal. Dia merupakan anggota Polri kedua yang menjabat kepala lembaga intelijen tersebut, setelah mantan Kapolri Jenderal (Pur) Sutanto. [] jpnn.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.