Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SURAT PEMBACA -- Indonesia sejak jaman dahulu terkenal dengan kekayaannya yang sangat melimpah dan beragam, salah satunya jenis buah-buahan.
Jenis buah-buahan di Indonesia sangatlah banyak, dari yang sudah biasa terdengar, seperti semangka, durian, jengkol, petai, duku, nangka, pisang, jambu, rambutan dan nanas hingga buah-buahan yang sebagian besar tidak mengetahui namanya.


Buah-buahan yang ada di hutan Indonesia, umumnya masih belum banyak yang mengetahuinya. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih buah-buahan impor dibanding buah-buahan lokal, apalagi buah yang berasal dari hutan.

Buah-buahan hasil hutan di jaman dahulu sangatlah banyak, namun saat ini keberadaannya mulai sulit untuk ditemukan, bahkan hampir punah. Banyak faktor yang menyebabkan buah-buahan hampir punah, salah satunya adalah penebangan pohon dan hutan oleh masyarakat atau perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

Agar tidak penasaran salah satu buah yang termasuk langka adalah buah "Tebeho" di tanah Tamiang. Buah Tebeho merupakan buah yang bentuknya mirip dengan buah Petai namun rasa, tekstur, dan musimnya berbeda. 

Buah Tebeho ini memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan buah Petai. Pohonnya tumbuh subur di pinggiran sungai Tamiang dan musim Buah Tebeho ini hanya berbuah sekali dalam satu tahun di bulan november hingga desember. 

Buah Tebeho bisa diolah menjadi berbagai makanan, dari manisan, sayuran dan bahkan bisa lansung dimakan, Buah Tebeho banyak tumbuh di daerah Sunting, Babo dan Pulau Tiga. [] 

Pengirim :
HAMDANI
Kampung Sunting, Kec. Bandar Pusaka
Kabupaten Aceh Tamiang
Email : hamdanidani281@yahoo.co.id

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.