Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SERUWAY -- Ratusan Warga yang terdiri dari petani, nelayan dan masyarakat Kampung Tualang, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang mengelar doa dan kenduri tolak bala di dusun Pasar Batu kampung Tualang Kecamatan Seruway, Rabu (15/11).


Kegiatan ini dilakukan setiap Rabu kedua akhir bulan Safar dan bertujuan untuk menjauhkan kampung mereka dari mara bahaya, bencana atau musibah baik fisik maupun non fisik.

"Kegiatan tolak bala ini, selain menjadi tradisi yang sudah menjadi turun menurun dari nenek moyang kami terdahulu, juga bertujuan agar kampung kami terhindar dari mara bahaya, bencana atau musibah baik fisik maupun non fisik ," kata Sekretaris Desa Tualang, Alfian yang turun didampingi sesepuh kampung Tualang, Amrin AS kepada TamiangNews, Rabu (15/11).

Sebelum makan bersama, kata Alfian, acara kenduri tolak bala ‎ini terlebih dahulu warga ikut membaca surah yasin, zikir, shalawat dan membaca doa.

Tradisi tahunan ini rutin kami laksanakan pada hari Rabu kedua bulan Safar. Selain mencari berkah agar terhindar dari musibah, acara ini sekaligus bersilaturahmi semua warga. Karena semua warga terlibat dalam acara ini.

‎Alfian selaku Sekdes Tualang berharap dengan dilaksanaknya kegiatan kenduri tolak bala ini kampung mereka jauh dari musibah dan bahaya.

Pantauan di lokasi, dusun Pasar Batu dipadati ratusan petani, nelayan dan masyarakat kampung Tualang dari beberapa dusun. Peserta datang menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi.

Selain di kampung Tualang , kegiatan ini  juga di lakukan di setiap kampung di kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang.

Mereka membacakan yasin, zikir, dan doa yang dipimpin oleh Iman Desa setiap kampung. Peserta terlihat larut dalam bacaan ayat tayyibah, zikrullah, shalawat, dan doa.

Ali Amran salah satu warga masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan, acara yang sudah menjadi tradisi tersebut dilakukan rutin setiap tahun. Ia berharap dengan zikir tersebut kecamatan Seruway khususnya kampung Tualang terhindar dari mara bahaya. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.