Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SPORTS -- Timnas U-19 Indonesia kembali menelan hasil negatif di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Berhadapan dengan Timnas Malaysia di pertandingan terakhir, Skuat Garuda Nusantara harus pulang ke tanah air dengan kekalahan telak dengan skor 4-1.


Foto : bola.net
Pertandingan yang digelar di Paju Public Stadium ini dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim masih berhati-hati untuk membangun serangan di awal-awal laga.

Namun baru 7 menit laga berlangsung, petaka datang bagi Indonesia saat Rossy mengganjal Akif di kotak terlarang. Muhammad Hadi yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses memperdaya Rossy di titik 12 pas sehingga Malaysia unggul 1-0 atas Indonesia.

Tertinggal 1 gol membuat skuat Garuda Nusantara meningkatkan intensitas serangan mereka. Beberapa peluang diciptakan oleh anak asuh Indra Sjafri seperti peluang Asnawi dan Hanis namun belum ada peluang yang mengancam gawang Azri.

Di pertengahan babak pertama ini Timnas Indonesia tampak mebombardir lini pertahanan Malaysia. Peluang-peluang matang diciptakan oleh Indonesia namun semuanya berhasil diantisipasi oleh pemain bertahan Malaysia.

Asik menyerang Garuda Nusantara akhirnya kebobolan di menit 31. Berawal dari skema serangan balik, Akhyar berhasil lolos dari jebakan offside saat menerima umpan dari Hadi. Tanpa kesulitan peneyrang Malaysia itu menceploskan bola ke gawang Indonesia setelah berhadapan satu lawan satu dengan Rossy. Skor berubah menjadi 2-0 untuk ketertinggalan Indonesia.

Dua menit sebelum babak pertama usai Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan. Berawal dari tangkapan tidak sempurna kiper Malaysia, bola lepas langsung disambar oleh Hanis. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Tertinggal 1 gol, pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk melakukan pergantian di awal babak kedua. Ia meniarik keluar Witan untuk digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

Meski diperkuat Egy, Indonesia malah kembali kebobolan di awal-awal babak kedua. Berawal dari skema sepak pojok, bola langsung disambar oleh sundulan Shivan Pillay. Malaysia kembali memperlebar keunggulan menjadi 3-1.

3 menit berselang Malaysia mendapatkan hadiah penalti lagi setelah Luthfi melanggar Akhyar di kotak terlarang. Hadi yang kembali ditunjuk sebagai eksekutor melepaskan tembakan keras yang mengenai mistar gawang Indonesia sebelum akhirnya bola memantul masuk ke dalam gawang. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

Namun masuknya Egy terasa membawa perubahan dalam lini serang Garuda Nusantara. Aksi Individu pemain kelahiran Aceh ini memang kerap membuat barisan pertahanan Malaysia kerepotan.

Firza sempat meneror gawang Malaysia di menit 76 melalui tembakan terukurnya dari luar kotak penalti, namun sayang peluang itu berhasil digagalkan oleh Azri.

Di sisa lima menit terakhir kondisi pertandingan kembali berubah. Malaysia yang selama babak kedua sering digempur kini mulai meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 4-1 tidak berubah untuk keunggulan Malaysia.

Pertandingan ini merupakan pertandingan terakhir Indonesia di ajang kualifikasi Piala Asia U-19. Oleh karenanya kekalahan ini membuat Indonesia dipastikan tidak lolos fase kualifikasi Piala Asia U-19 ini, namun Indonesia tetap lolos ke putaran final dengan menggunakan jatah sebagai tuan rumah putaran final.

Di sisi lain,kemenangan ini membuat Malaysia menempati peringkat pertama klasemen grup F. Mereka masih menyisakan satu pertandingan nanti,. di mana mereka akan mencoba mempertahankan posisi mereka tersebut saat berhadapan dengan Korea Selatan pada tanggal 8 November mendatang. [] bola.net

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.