Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Guna mengangkat masyarakat miskin dari keterpurukan ekonomi, Dinas Sosial Aceh melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin Gelar kegiatan bimbingan sosial dan bimbingan teknis kepada keluarga miskin dan Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE), Sabtu (4/11).


Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang dr. Catur Haryati yang dihadiri oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Aceh, Kabid Pemberdayaan Sosial Aceh Tamiang dan para TKSK se Aceh Tamiang selaku pendamping penerima manfaat.

Keluarga miskin yang menjadi sasaran binaan adalah mereka yang tergabung dalam 15 KUBE-FM (Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin) yang tersebar di 8 Kecamatan, sedangkan jumlah WRSE yang menjadi sasaran binaan sebanyak 30 orang yang tersebar di 12 kecamatan.

Tujuan dilaksanakan bimbingan tersebut yaitu untuk membantu masyarakat miskin bangkit dari keterpurukan ekonomi, karena para peserta akan diberikan bantuan modal usaha sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh para calon penerima manfaat.

Dalam bimbingan dan pelatihan tersebut Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Aceh Munzir, SP. MT, menuturkan bahwa peserta telah melewati tahapan seleksi yang dilakukan oleh para TKSK di setiap Kecamatan dan juga telah diverifikasi oleh Tim Verifikator dari Dinas Sosial Aceh, jadi bisa dipastikan penerima program bantuan tepat sasaran.

Koordinator TKSK Aceh Tamiang Joko Sudirman kepada TamiangNews  membenarkan bahwa penerima program bantuan telah diseleksi terlebih dahulu yaitu dari proposal yang diajukan oleh masyarakat baik melalui TKSK maupun langsung ke Dinas Sosial Aceh Tamiang terlebih dahulu dilakukan verifikasi oleh TKSK apakah calon penerima program bantuan layak atau tidak menerima bantuan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi diantaranya para calon penerima bantuan terdaftar dalam BDT 2015.

Dijelaskan Joko Sudirman, setelah penerima bantuan mendapatkan bantuan akan tetap dilakukan monitoring perkembangan usaha yang dijalankan oleh KUBE maupun WRSE.

"Kami berharap program bantuan ini benar-benar bermanfaat dan dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan keluarga, dan juga bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Tamiang", ujarnya. [] TN-W007

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.