Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SPORTS -- Semenjak bergulir pada 1930, Piala Dunia sudah 20 kali diselenggarakan. Dari 20 penyelenggaraan itu, Tim Nasional (Timnas) Italia hanya dua kali absen, yakni di edisi perdana pada 1930 dan 1958.


Para Pemain Timnas Italia Berdiri di Lapangan Usai Gagal Lolos ke Piala dunia 2018 (adu bola)
Selepas Piala Dunia 1958, Italia selalu tampil di turnamen empat tahunan tersebut. Bahkan pada 1982 dan 2006, Negeri Piza keluar sebagai kampiun. Total sepanjang sejarah, Gli Azzurri –julukan Italia– mengemas empat trofi Piala Dunia. Dua gelar lain diraih pada 1934 dan 1938.

Melihat catatan di atas, Italia memiliki sejarah panjang di Piala Dunia. Jelas sangat disayangkan jika negara yang beribu kota Roma itu gagal mentas di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Jika gagal tampil di Piala Dunia 2018, itu merupakan yang pertama bagi Italia dalam 60 tahun terakhir! Seperti yang sudah diutarakan di atas, Italia terakhir kali gagal mentas di Piala Dunia 1958.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 1958, Italia tergabung di Grup 8 bersama Irlandia Utara dan Portugal. Setelah melewati empat pertandingan, Italia hanya meraih empat poin, hasil dua menang dan dua kalah. Sekadar informasi, saat itu kemenangan masih dihargai dua poin, belum tiga angka seperti saat ini.

Sementara itu tim yang mewakili Grup 8 untuk tampil di Piala Dunia 1958 Swedia ialah Irlandia Utara. Danny Blancflower dan kawan-kawan meraih lima angka, hasil dua menang, satu imbang dan satu kalah.

Bagaimana kiprah Italia di Kualifikasi Piala Dunia 2018? Tergabung di Grup G, Italia hanya mengakhiri kualifikasi di posisi dua di bawah Spanyol. Alhasil, tim asuhan Gian Piero Ventura harus melewati laga playoff untuk ambil bagian di putaran final.

Pada playoff yang berlangsung 11 dan 14 November 2017 dini hari WIB, Simone Zaza dan kawan-kawan akan bersua Swedia dalam laga kandang dan tandang. Peluang menyingkirkan Swedia cukup besar.

Sebab dalam lima pertemuan terakhir, Italia mengemas empat menang dan satu imbang. Kekalahan terakhir Italia dari Swedia tercipta hampir dua dekade lalu, tepatnya pada 2 Juni 1998. Saat itu mereka takluk 0-1 di laga persahabatan.

Karena itu, Italia memiliki peluang melanjutkan kiprah mereka dengan selalu tampil di Piala Dunia terhitung sejak 1962. Dengan tampil di Piala Dunia 2018, mereka pun memiliki kesempatan menyamai koleksi trofi Brasil. Sekadar diketahui, Brasil tercatat sebagai negara tersukses di Piala Dunia dengan koleksi lima gelar. [] okezone.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.