Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA -- Mengutip apa kata Project Pop, dangdut is the music of my country. Sebagai musik yang dilahirkan oleh negeri sendiri, dangdut sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia.


Ayu Ting Ting dan Via Vallen (Hype-IDN Times)
Tak peduli gender atau pun latar belakang, dangdut dicintai oleh semua kalangan. Laki-laki atau perempuan, pejabat atau rakyat biasa, semua bisa menikmati musik dangdut. Cinta masyarakat yang begitu besar membuat dangdut tak pernah mati dimakan zaman.

Seiring berjalannya waktu, dangdut pun mengalami evolusi. Di era sekarang, dangdut bisa dipadukan dengan berbagai genre musik, termasuk EDM. Keberanian pedangdut-pedangdut zaman now dalam meramu musik dangdut membuat mereka lebih terkenal dan fenomenal dibanding yang lain.

Dari banyaknya pedangdut terkenal, ada beberapa yang terkenal tak hanya karena musik mereka. Tapi juga kontroversi dan prestasinya, empat di antaranya adalah:

1. Ayu Ting Ting

Siapa yang tak kenal pedangdut asal Depok, Jawa Barat ini. Debut sejak 2006, nama Ayu melejit pada 2011 saat ia merilis lagu Alamat Palsu. Meski dirilis pada kuarter terakhir 2011, tapi Alamat Palsu sukses mencuri perhatian Indonesia hingga menjadi lagu yang paling banyak terjual sepanjang tahun tersebut.

Usai namanya melejit, Ayu seolah membawa angin segar perubahan ke industri musik dangdut Indonesia. Ibu satu anak ini membuat lagu-lagu dangdut, terutama miliknya, menjadi lebih modern. Setelah Alamat Palsu, Ayu melahirkan lagu-lagu hits lainnya seperti Sik Asik, Geboy Mujaer dan Sambalado.

Penghargaan atas musik-musik berkualitas yang dilahirkan Ayu pun tak henti-hentinya ia terima. Beberapa award besar yang diterima Ayu adalah Penyanyi Dangdut Terdahsyat dari Dahsyatnya Awards (2014), Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler dari Anugerah Dangdut Indonesia (2015), dan Album Dangdut Kontemporer/Dangdut Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia (2016).

2. Cita Citata

Pedangdut zaman now yang tak kalah terkenal adalah Cita Citata. Hampir sama dengan Ayu Ting Ting, nama Cita juga melejit setelah singlenya yang berjudul Sakitnya Tuh di Sini laku keras saat rilis 2014 silam. Lagu yang bercerita tentang rasa sakit karena diselingkuhi orang tercinta itu mencuri perhatian publik Indonesia karena lirik dan isinya yang sangat dekat dengan fenomena di masyarakat.

Meski namanya besar sebagai pedangdut, tapi Cita sejatinya mulai karier bernyanyinya di genre lain. Saat duduk di bangku SMA, Cita mulai menyanyikan lagu-lagu di genre pop. Mantan istri Galih Purnama tersebut lantas berubah halauan ke musik jazz. Tetapi setelah bergabung dengan label Sani Musik pada 2014, Cita didebutkan sebagai pedangdut.

Debut Cita sebagai pedangdut disambut baik oleh penikmat musik Indonesia. Buktinya, lagu Goyang Dumang-nya mendapat respon luar biasa positif. Video klip Goyang Dumang menempati urutan ke-2 sebagai video musik terpopuler sepanjang 2015 versi YouTube.

3. Via Vallen

Via Vallen mungkin merupakan pedangdut terpanas yang paling dicari sepanjang 2017 ini. Saat pertama kali muncul, Via langsung membuat geger karena penampilannya yang sering kali dinilai mirip dengan Isyana Sarasvati.

Via memulai karier profesionalnya sebagai pedangdut solo pada 2015 lewat single Selingkuh. Lagunya yang enak didengar, lirik yang gampang dicerna membuat pencinta musik dangdut dengan mudah jatuh cinta pada single debut pedangdut asal Surabaya itu. Nama Via semakin melejit karena dia kerap meng-cover lagu-lagu yang sedang hits seperti Despacito, Akad, dan Asal Kau Bahagia.

Di tahun ini, Via membuat geger dengan lagu Sayang. Sembilan bulan sejak dirilis pada 24 Februari 2017, video klip Sayang kini sudah ditonton lebih dari 99 juta kali di Youtube. Sebuah angka yang cukup fantastis bagi hitungan video klip dangdut.

4. Nella Kharisma

Bersama Via Vallen, Nella Kharisma bisa disebut sebagai primadona dunia dangdut Indonesia tahun ini. Seperti halnya Via, Nella juga merupakan pedangdut yang memulai kariernya lewat dangdut koplo.

Nella memulai kariernya dengan bergabung bersama grup dangdut populer Monata. Setelah manggung dari satu kota ke kota lain, satu panggung ke panggung lain bersama Monata, Nella akhirnya masuk dapur rekaman profesional. Nella bergabung dengan Pancal Records awal tahun ini.

Lagu terbarunya, Jaran Goyang, bersaing ketat dengan Sayang milik Via Vallen. Video klip Jaran Goyang sudah ditonton lebih dari 91 juta kali selama tujuh bulan sejak dirilis April 2017 lalu. Sebuah persaingan ketat dengan Sayang milik Via. [] okezone.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.