Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, JAKARTA -- Pernahkah Anda dalam keadaan sedang memandang sebuah objek namun pikiran Anda malah tertuju pada hal-hal lain selain benda di depan Anda? Keadaan seperti ini kerap disebut melamun.

Meski kadang dianggap sebagai hilangnya fokus pikiran kita, ternyata melamun memiliki indikasi lain terhadap kinerja otak. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Georgia Institute of Technology, melamun menjadi indikasi bahwa otak Anda sedang dalam keadaan jenuh atau bosan.

"Orang dengan otak yang efisien mungkin memiliki terlalu banyak kapasitas otak untuk menghentikan pikiran mereka dari pengembaraan," ungkap Eric Schumacher, profesor psikologi asosiasi Tech Georgia dikutip dari BGR, Jumat (27/10/2017).

Penelitian yang dilakukan oleh Eric rekan timnya, melibatkan 100 orang peserta uji coba. Mereka diminta untuk dipindai melalui MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Peneliti meminta setiap individu untuk memusatkan perhatian mereka pada satu titik yang membosankan. Tak pelak pikiran mereka mulai mengembara, dan bahkan saat mata mereka terfokus di satu tempat, pikiran mereka secara bebas memikirkan hal lain.

Peneliti kemudian mulai melakukan analisis pada pola aktivitas otak pada masing-masing individu. Para ilmuwan juga melakukan tes untuk menentukan kecerdasan dan kreativitas di masing-masing mata pelajaran dan memberikan kuesioner kepada responden.

Hasilnya adalah ada korelasi kuat antara mereka yang melamun dengan kemampuan intelektual yang lebih tinggi. Temuan ini merujuk pada hubungan antara orang-orang yang berpikiran kuat dan kebiasaan melamun.

"Data kami konsisten soal gagasan, bahwa ini (melamun) tidak selalu benar. Beberapa orang memiliki otak lebih efisien," kata Eric Schumacher. [] okezone.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.