Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Proyek pembangunan jalan penghubung Kampung Johar-Kampung Tupah Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang ‎dikerjakan tidak sesuai spek oleh pihak kontraktor. Pasalnya pada pekerjaan pembangunan jalan tersebut terdapat banyak tanah dalam base coursenya.

"Proyek pembangunan jalan ini banyak tanah dicampur ke dalam base. Sejak kapan komposisi base untuk pembangunan jalan, basenya bisa dicampur tanah seperti ini," kata ketua DPD SHI Aceh Tamiang M. Hendra kepada TamiangNews, Senin (23/10) saat melintas di jalan yang masih dalam proses pengerjaan itu.

Seharusnya, kata Hendra, dalam base pembangunan jalan harus diutamakan batu pecah agar kondisi jalan kedepan setelah selesai dikerjakan tidak cepat rusak.

"Ini bukan batu pecah yang banyak, tapi kebanyakan tanah dalam base", kata Hendra.

Hendra mengaku khawatir kondisi jalan tersebut tidak akan bertahan lama ‎bila terus dikerjakan dan pihak terkait membiarkan hingga pengaspalan.

"Kondisi hari ini setelah disiram air, banyak lumpur yang naik kepermukaan base. Ini sudah tidak sesuai spek nampaknya. Karena pada pekerjaan pembangunan jalan lain, saya tidak pernah melihat kejadian seperti ini", kata Hendra.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jalan pada Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Aceh Tamiang, Mahyuddin yang dikonfirmasi TamiangNews di ruang kerjanya mengaku belum tahu dengan kondisi pembangunan jalan tersebut.

"Saya ‎belum tahu kondisi pekerjaan tersebut," kilahnya.

Mahyuddin mengaku akan memangil pengawas proyek pembangunan jalan tersebut untuk dimintai keterangan terkait progres pembangunannya. Ia juga mengaku akan meminta diperbaiki ulang nantinya bila proyek tersebut dikerjakan tidak sesuai spek.

"Kami akan melakukan uji laboratorium dan uji sand cone untuk mengetahui material yang dihampar pada proyek pembangunan jalan tersebut. Jika tidak sesuai ‎spek kita minta diperbaiki ulang nantinya," kata Mahyuddin.

‎Pantauan TamiangNews pada papan nama proyek pembangunan jalan Kampung Johor-Kampung Tupah Kecamatan Karang Baru tersebut, pelaksana dilakukan oleh PT. Sinergi Inti Gemilang dengan nilai kontrak Rp 927.700.000 sumber dana APBK.

Dalam plang tersebut tidak dituliskan tanggal selesai pekerjaan dan siapa konsultan pengawas proyek tersebut tidak dicatumkan. [] TN-Red

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.