Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, MEUREUDU - Sebanyak 48 orang mahasiswa lulusan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pidie Jaya binaan AKN Payakumbuh (Sumbar), Senin (2/10/2017) diwisuda.

Prosesi wisuda berlangung di panggung terbuka “Mideuen Meurah Seutia” Kompleks Kantor Bupati lama di Meureudu.

Wisuda dilakukan Direktur AKN Payakumbuh, Ir Gusmalini MSi dan dihadiri Bupati Pijay, H Aiyub Abbas dan Ketua DPRK, Armia Harun.

Turut hadir, Wabup Pijay, H Said Mulyadi SE, MSi, para Asisten Sekdakab, sejumlah Kepala SKPK, beberapa petinggi AKN Payakumbuh serta orangtua/wali dan para mahasiswa.

Ke-48 lulusan terdiri, 25 orang jurusan budidaya peternakan dan 23 orang jurusan teknologi pangan. Dari keseluruhan mereka, tercatat empat orang berpredikat lulusan “pujian”, 19 orang predikat “sangat memuaskan”, sementara selebihnya 25 orang lagi lulus dengan katagori memuaskan.

Direktur AKN Payakumbuh, Gusmalidi, dalam pidatonya antara lain menyebutkan bahwa, pihaknya sebagai pimpinan Akademi mengaku senang dengan terlaksananya acara wisuda untuk yang pertama kalinya (perdana) sejak pendidikan formal hadir di Pijay tahun 2005 lalu.

Diakui, sambutan serta bantuan pemkab setempat tentang kehadiran AKN sangat besar dan ia menginginkan agar kedepan lebih baik lagi. Kepada semua pihak yang telah menggagas lahirnya AKN dan kini berhasil melaksanakan wisuda perdana, para dosen serta orangtua/wali, Gusmalini memberi apresiasi tinggi.

Diakhir sambutannya, Direktur AKN Payakumbuh berharap kepada Bupati Pijay, H Aiyub Abbas, untuk tidak memperpanjang pengangguran dengan hadirnya jebolan AKN. Tapi berikan yang terbaik buat mereka demi masa depan. Bantulah alumni AKN Pijay dalam bidang wira usaha. Bupati Pijay, Aiyub Abbas, menyambut baik, kehadiran lulusan AKN.

Pemkab, lanjut bupati, akan berusaha keras agar para jebolan AKN mendapat kesempatan untuk menggeluti usaha khsusus bagi dua jurusan yang mereka dalami ilmu di bangku kuliah.

“Asalkan tidak mengharapkan jadi PNS, pelulang usaha sangat besar terutama dalam bidang pertanian dalam arti luas,” kata Bupati.

Terlebih subsektor peternakan dengan memanfaatkan jerami sebagai pakan ternak. Industri rumah tangga termasuk usaha pembuatan aneka jenis kue juga berpeluang besar bila mau digelutinya, papar H Aiyub Abbas.

Wisuda diakhiri dengan menampilkan tarian asal dua daerah (Aceh dan Sumbar). Sumbar dengan tarian ayam delapeh, sementara Aceh hadir dengan beberapa tarian khasnya. [] Serambinews

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.