Dilihat 0 kali

[caption id="attachment_14466" align="aligncenter" width="640"] ?[/caption]

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang mengelar acara sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 11 tahun 2017, tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat, dan dewan perwakilan rakyat daerah tahun 2019 mendatang.

Acara tersebut bertempat di aula kantor KIP Aceh Tamiang ,Senin (02/10) dan diikuti oleh 22 perwakilan partai politik baik partai nasional (Parnas) maupun partai lokal (Parlok) yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketua KIP Aceh Tamiang Alhamda,S.Hi dalam sambutanya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar partai politik calon peserta pemilu dapat memahami mekanisme pendaftaran serta melengkapi dokumen pendaftaran.

"Sosialisasi ini berisi bimbingan teknis tata cara pendaftaran, tahapan verifikasi, hingga penetapan parpol peserta pemilu yang harus dilalui dalam perhelatan pemilu legislatif Tahun 2019 ,"ungkap Alhamda.

Sementara itu komisioner KIP Atam Ir.Izuddin dalam penjelasannya mengatakan pihaknya akan memberikan informasi seluas-luasnya mengenai mekanisme pendaftaran kepada seluruh partai tanpa membedakan partai yang lama dengan partai baru agar informasi yang dibutuhkan tidak terjadi miskomunikasi.

Selain itu juga diharapkan juga,setiap partai politik dapat mencermati dan mempelajari peraturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, dan secara teknis terkait pendaftaran itu telah diatur dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2017.

Ir.Izuddin menambahkan, pada tanggal 3 s/d 16 oktober 2017 verfikasi dokumen persyaratan yang dimasukan Parpol ke KIP kabupaten guna untuk dilakukan verifikasi faktual dan nantinya bila masih ada persyarakatan yang belum dipenuhi KIP akan memberikan waktu melengkapi pada tahap perbaikan.

"KIP Aceh Tamiang akan memberikan waktu perbaikan kepada setiap Parpol yang mendaftar dengan waktu yang telah ditentukan nantinya, dan juga akan melakukan verifikasi faktual", paparnya.

Lebih lanjut Izuddin mengatakan terkait dukungan,mengacu kepada 1 per 1000 dikali jumlah penduduk, dimana jumlah penduduk Aceh Tamiang saat ini sebanyak dua ratus delapan puluh tujuh ribu , artinya setiap dukungan calon hanya dibutuhkan 287 pendukung dengan ditandai poto copy KTP dan KTA anggota partai. Dan hal itulah yang nantinya diverifikasi untuk memastikan pendukung tersebut bukan pendukung dan anggota partai ganda.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut ketua KIP Atam Alhamda beserta 4 komisioner KIP lainnya , 3 komisioner Panwaslu Aceh Tamiang dan 22 perwakilan parpol yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang seperti Partai Nanggroe Aceh (PNA ), PA ,Gerindra , Perindo ,PPP ,PSI ,Nasdem ,Golkar ,PBB, PDI Perjuangan ,Hanura dan partai-partai lainya. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.