Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang gelar Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi Adminitrasi dan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Minggu (21/10).

Ketua KIP Aceh Tamiang, Alhamda mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk membangun kesamaan persepsi sehingga tercipta kesepahaman dalam pelaksanaan kegiatan verifikasi partai politik. “Harapan kami dengan adanya sosialisasi ini, kita dapat membangun kesepahaman dalam verifikasi partai politik dalam rangka Pemilu 2019. Hal ini penting untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan verifikasi parpol dengan membangun dan memperkuat sinergisitas diantara jajaran pemangku kepentingan,” ujarnya.

Menurut Alhamda, ada 18 Partai Peserta Pemilu Tahun 2019 yang terdiri dari 14 Partai Nasional dan 4 Partai Lokal. Untuk Partai Nasional masing masing Partai Garuda, PKS, Hanura, Nasdem, Bekarya, PAN, Golkar, PDIP, Perindo, PSI, Gerindra, Demokrat, PPP dan PKB, Sedangkan untuk Partai Lokal masing- masing PNA, PDA, SIRA dan PA.

Sementara itu anggota Komisioner KIP, IzuIzuddin dalam pemaparannya menyampaikan verifikasi yang akan dilakukan terdiri dari dua tahap masing - masing verifikasi Adminitrasi dan verifikasi Faktual.

Untuk verifikasi Adminitrasi terdiri dari dua tahap yaitu berkas F2 dan Verifikasi KTA dan KTP sedangkan untuk Verifikasi Faktual akan meliputi Verifikasi Kepengurusan, Verifikasi terpenuhi keterwakilan kepengurusan perempuan sebanyak 30 persen, Verifikasi Kantor dan Verifikasi keanggotaan. " Partai Nasional dilakukan verifikasi Kepengurusan ditingkat kabupaten dan Partai Lokal dilakukan verifikasi tingkat kabupaten dan sampai tingkat kecamatan.

Izuddin menambahkan pelaksanaan verifikasi parpol akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Undang - Undang Pemilu dan peraturan perundangan yang berlaku, dalam hal ini adalah Undang-Undang Pemilu dan juga PKPU serta untuk Partai Lokal akan mengacu pada Qanun.

Dalam acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh seluruh Komisioner KIP, Ketua Komisioner Panwaslu Kabupaten Aceh Tamiang, Fery Irawan dan anggotanya Lindawati serta Imran dan sejumlah pengurus partai nasional serta partai lokal. [] TN-WAWAN

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.