Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, BANDA ACEH -- Wakil Perdana Menteri Turki Fikri Isik bersama rombongan tiba di Banda Aceh Jumat (13/10). Ini merupakan sebagai kunjungan balasan, saat Gubernur Irwandi Yusuf berkunjung ke Turki pada September lalu, sekaligus mengagendakan beberapa kegiatan.

"Turki dan Aceh telah memiliki hubungan baik yang telah terjalin berabad-abad. Salam dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada seluruh masyarakat Aceh," kata Fikri yang berbicara dalam Bahasa Turki lalu dialihbahasakan oleh penerjemah.

Ia berharap hubungan baik yang telah lama terjalin akan terus berlanjut hingga masa mendatang. Fikri mengatakan bahwa warga Turki ikut merasakan duka warga Aceh saat bencana gempa dan tsunami akhir tahun 2004, dan menggalang bantuan untuk membantu pembangunan kembali Aceh.

Saat Koferensi Pers ada salah Wartawan menanyakan mengapa kita memilih kerja sama dengan Turkey dan apa yang kita dapatkan, lalu Irwandi Yusuf menjawab "Hubungan kita dengan Turkey dari dahulu sampai sekarang masih ada romantisme dan saling persaudaraan yang kuat kita ketahuin Turkey merupakan Negara barisan pertama yang membantu Aceh saat Tsunami 2004 silam dengab di berikan bantuan seperti sekolah, bantuan rumah, hubungan kerja sama antara kita denga Turkey seperti adik dan abang kandung.

Adapun pembahasan saya waktu di Tukey lalu menawarkan sejumlah peluang investasi kepada pengusaha turki, di antaranya yang tawarkan ingin melakukan investasi di bidang Pembakit Listrik Tenaga Gas di kawasan Ekonomi Khusus ada sekitar 250 MW kapasitas, ujar Irwandi Yusuf.

Kegiatan kali ini antara lain melakukan dialog dengan jemaah setelah Shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Makan siang Di pendopo Gebernur serta Konferensi Pers, mengunjunggi Museum Tsunami Aceh dan melayat ke makam Tengku Salahuddin di Bitay. [] TN-W009

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.