Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU - Setelah melakukan sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 tahun 2017, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang membuka penerimaan penyerahan dokumen persyaratan untuk partai politik (Parpol) calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019, dari tanggal 03 -16 Oktober di Sekretariat KIP Aceh Tamiang.


Ketua pokja penerimaan dan verifikasi dokumen KIP Aceh Tamiang Diecky Fachriesa, SH kepada TamiangNews, Rabu (5/10) mengatakan memasuki hari ketiga belum ada satu pun Parpol yang menyerahkan dokumen verifikasi, namun ada satu partai yang datang ke Sekretariat KIP Aceh Tamiang untuk meminta konsultasi.


“Belum ada, tapi hari kedua kemarin sekitar pukul 14.00 WIB hanya Partai Bulan Bintang (PBB) yang datang ke sini. Itu pun mereka datang hanya sebatas konsultasi terkait penyerahan dokumen,” ucapnya.


Menurutnya, sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017, penyerahan dokumen tersebut dibuka dari tanggal 3 sampai 16 Oktober 2017,


“Hari pertama sampai hari ketigabelas (3-15 Oktober) waktunya kita buka dari pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk hari terakhir (16 Oktober), kami buka sampai pukul 24.00 WIB,” ungkap Dicky.


Ia menjelaskan, persyaratan penyerahan dokumen tersebut berupa daftar nama dan alamat anggota Parpol dalam wilayah Aceh Tamiang, dengan menggunakan Formulir Lampiran 2 Model F2-Parpol.


“Itu harus dibuat dalam bentuk soft copymelalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), dan bersama hard copy-nya. Lalu memberikan salinan bukti KTA (Kartu Tanda Anggota) Parpol beserta salinan KTP elektronik. Jika tidak ada KTP elektronik, bisa menggunakan Suket (Surat Keterangan) dari Disdukcapil setempat,” jelasnya.


Lebih lanjut ia mengatakan agar para Parpol yang hendak menyerahkan dokumen tersebut, agar diserahkan langsung oleh pengurus Parpol dan diharapkan jangan menyerahkan dokumen tersebut saat menit-menit akhir.


“Jika nantinya para Parpol yang kurang jelas, dapat berkonsultasi langsung ke sekretariat kami atau menghubungi operator sistem informasi partai politik (sipol)  KIP Aceh Tamiang Amran di Nomor 085361144888”, tandasnya. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.