Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tamiang melalui dana APBA Tahun 2017, mengelar acara sosialisasi dan advokasi pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) kabupaten Aceh Tamiang di Grand Arya Hotel, Kamis (19/10).

Acara tersebut di ikuti oleh 32 peserta dari lintas sektor seperti Camat, Satpol PP, Dinas Syariat Islam,Dinas Pendidikan, Perwakilan MPU, Bapedda, Puskemas dan unsur dari Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dan di hadiri oleh Asisten III Drs. Rianto Waris dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0104 Atim Mayor Inf. Aidul Ayani serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dr. M. Nur Fajri M. Kes dalam materinya mengatakan kebiasaan merokok sedikitnya menyebabkan 30 jenis penyakit pada manusia.

" Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik.Selain itu juga, rokok juga menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan, dan impotensi ," ungkap M.Nur Fajri.

Lebih lanjut Fajri mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan lintas sektor terkait bahaya rokok terhadap kesehatan serta merupakan salah satu tahapan yang harus di lakukan Dinas Kesehatan sebelum dibuatnya Peraturan Bupati (Perbup) terkait kawasan tanpa rokok di Kabupaten Aceh Tamiang.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik dengan lintas sektor, stakeholder maupun instansi terkait, dalam menyatukan visi dan misi untuk menentukan sistem yang tepat dalam Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di tempat-tempat umum di kabupaten Aceh Tamiang," ungkapnya. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.