Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Lingkungan Hidup melaunching program pengelolaan sampah rumah tangga dengan sistem 3 R (reduce, reuse dan rescyle ) melalui metode composer dan steam (Pasar Cost ), Selasa (10/10) di Balai Pertemuan Kampung Pahlawan Kecamatan Karang Baru.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Hendra Purnama ,SE dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan launching ini menandakan bahwa mulai hari ini, tiga dusun di kampung Pahlawan Kecamatan Karang Baru sudah mampu mengelola langsung sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos padat dan cair maupun menjadi bahan bakar minyak.

" Launching program Pasar Cost di Kampung Pahlawan hari ini bertujuan agar sampah yg berada di tiga dusun desa pahlawan dapat dikelola secara maximal sehingga bernilai ekonomis. Dalam acara launching tersebut ditandai juga dengan demonstrasi langsung pemanfaatan composer dan steam," ungkap Hendra Purnama.

Menurutnya, agar program Pasar Cost ini benar-benar terlaksana dengan baik dan sesuai harapan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang akan melakukan monitoring dan evaluasi setiap minggunya.

Selain untuk mengatisipasi penimbunan dan ledakan sampah rumah tangga, tujuan utama diterapkan program Pasar Cost adalah untuk mensukseskan program nasional Indonesia bebas sampah tahun 2020.

"Kalau inovasi program Pasar Cost dapat diterapkan diseluruh kampung di kabupaten Aceh Tamiang tidak menutup kemungkinan inovasi ini akan menjadi solusi untuk mendukung program tamiang bebas sampah dan kabupaten Aceh Tamiang dapat berkompetisi dalam skala nasional untuk mengikuti lomba adipura dan dapat meraih piala adipura biana di tahun 2020," ungkapnya. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.