Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, KARANG BARU -- Bupati Aceh Tamiang H.Hamdan Sati,ST memimpin apel pasukan satuan tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2017, dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di halaman Polres Aceh Tamiang, Selasa (3/10).

Selain Bupati, hadir juga dalam kesempatan tersebut Dandim 0104 Atim Letkol.Inf Amril Haris Isya Siregar,Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian,SIK.MH, para Kepala SKPD, Camat, Kapolsek,dan Koramil Karang Baru.

Sedangkan untuk peserta, diikuti oleh anggota TNI, Polri, Sat Pol PP, anggota Tagana dan anggota Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), para Datok Penghulu, Satpam, Polhut, KPH dan perwakilan dari pihak perusahaan.

Bupati Aceh Tamiang H. Hamdan Sati dalam kata sambutannya mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia antara lain di Provinsi Aceh, Riau dan Kalimantan telah menjadi perhatian serius dan menjadi agenda rutin serta merupakan isu penting, karena asap yang ditimbulkan menjadi masalah nasional maupun internasional.

"Kebakaran hutan ini diduga perbuatan dan oknum masyarakat dan perusahaan dalam melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar yang akibatnya dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kemunduran kehilangan pencaharian ekonomi, kerusakan lingkungan, bencana pencemaran asap yang berdampak terhadap kesehatan pernafasan manusia dan mengganggu jarak pandang trasportasi darat, laut dan udara," ungkap Hamdan Sati.

Demi masa depan yang lebih baik pada anak cucu kita, Bupati Aceh Tamiang mengajak seluruh aparat pemerintah, masyarakat dan lembaga usaha untuk melakukan perang terhadap kebakaran hutan dan lahan, dengan secara rutin melakukan tindakan preventif atau pencegahan seperti sosialisasi, penegakan hukum dan pemantauan Karhutla dari darat dan udara melalui deteksi satelit pada aplikasi smartphone LAPAN Fire Hotspot, BMKG dan Sipongi, dan melaksanakan tindakan responsif pemadaman kebakaran.

Bila telah terjadi kebakaran segera lakukan pemadaman dini dan sekat lokasi kebakaran, jangan biarkan api tumbuh menjalar membesar, karena kobaran api yang telah membesar akan sulit dipadamkan sehingga satgas karhutla memerlukan operasi pemadaman darat bahkan udara.

"Apel gelar pasukan satgas karhutla yang dilaksanakan hari ini sebagai bentuk kesiapsiagaan kabupaten Aceh Tamiang dalam antisipasi bencana khususnya bencana kebakaran hutan dan lahan serta susulan kabut asap akibat karhutla," ujar Bupati Aceh Tamiang H.Hamdan Sati.

Pantauan TamiangNews, setelah dilaksanakannya apel gelar pasukan, rombongan Bupati dan Kapolres Aceh Tamiang melihat simulasi pemadaman kebakaran di sekitar lapangan GOR Karang Baru. [] TN-W004

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.